SELEBRITI

Lama Tak Terdengar Kabarnya, Jean Girsang Prioritaskan Keluarga dan Fokus Karir Menulis

Rabu, 25 Agustus 2021 18:01

Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Jean Girsang dikenal lewat ajang Putri Pariwisata 2011 mewakili DKI Jakarta. Jean juga semakin dikenal setelah dirinya menjadi Putri Pangan 2011. Lama tak terdengar kabar, Jean Girsang yang kini sudah menikah hampir 9 tahun dengan Arkie Tumbelaka lebih prioritaskan keluarganya dan fokus pada karir menulisnya.

Sebelum menikah, Jean cukup sibuk dengan jadwal syutingnya dan akui jika ia sempat merambah ke dunia presenting. Ia pernah membawakan acara piala dunia dan acara olahraga. Tapi kemudian setelah dirinya menikah, Jean memilih untuk fokus menjadi Influencer dan menjadi seorang penulis.

"Aku mulai masuk sosmed ini justru pas setelah jadi ibu. Jadi dulu emang syuting sana sinilah. Terus melahirkan dan di rumah aja tuh, awalnya biasa sana sini sekarang jadi di rumah aja ngerasa nggak produktif. Akhirnya mulai nulis-nulis. Tapi nulisnya tentang pengalaman melahirkan aku awalnya," kata Jean Girsang.

1. Pengalaman Melahiran Anak Pertama

Diketahui jika Jane hamil anak pertama di usia 30 tahun, setelah menikmati masa pacaran setelah menikah dengan suaminya selama 4 tahun dengan berjalan-jalan ke luar negeri atau ke luar kota. Rupanya pengalaman melahirkan anak pertamanya ini tidak mudah. Di usia kehamilan ke-7, anak yang dikandung Jane disebut dokter alami single umbilical. Karena tak ada informasi mengenai hal ini di mana-mana, Jean Girsang putuskan untuk menulis dan share soal hal ini pada masyarakat yang memang butuh.

"Karena di bulan ke-7 aku hamil, dokter bilang si baby itu single umbilical. Jadi ada 25% bisa cacat jantung. Syok kan? Cari tau info sana sini ngga nemu. Googling nggak ada, bahkan nggak ada yang share tentang ini di blog," ujar Jane.

Karena hal ini, Jane Girsang susah untuk melahirkan secara normal karena miliki banyak resiko dan putuskan untuk lakukan persalinan caesar.

"Puji Tuhan baby di cek normal semua cuma jadinya agak susah (lahiran) normal karena resikonya. Jadi harusnya ada 3 lobang di tali pusar bayi. 1 vena 2 arteri, di anak aku cuma ada 1 vena 1 arteri. Yang mana ngaruh ke pemasukan nutrisi dan pembuangannya selama di kandungan. Nah bisa aja normal, tapi di kasus ku dia kelilit 2 kali di lehernya, jadi kalau normal turun dia makin stres dengan kelilit dan pasokan 'oksigen' dengan lubang cuma 2 nggak maksimal, bisa keluar biru. Makanya di caesar aja," ungkap Jane.

2. Membantu Banyak Orang

Berawal dari pengalaman melahirkan anak pertamanya yang cukup buatnya stres, wanita yang bernama lengkap Jane Augustine Girsang ini kemudian menuliskan semua pada masa dirinya fokus di keluarga. Siapa sangka jika ternyata banyak orang yang membacanya dan mengalami hal serupa.

"Nah karena pengalaman aku itu yang sempet kalut & stress di masa-masa itu. Akhirnya pas di rumah aja 3 bulan aku share-lah cerita di Instagram dan mulai blog juga. Dari situ banyak yang baca dan bilang "wahh aku juga ngalamin ini tapi nggak ada yang share, ketemu tulisan Mom Jean aku jadi tenang…" bahkan aku jadi rekomen dokter aku dan ada beberapa yang cek dan lahiran disana juga," ujar Jane Girsang.

Melalui tulisannya, Jane juga bercerita jika banyak orang tua yang kemudian terbantu dan saling membagi pengalaman soal parenting. Nggak cuma itu, Jane Girsang akui bertemu dengan komunitas baru dan Moms lainnya yang saling mendukung secara online.

"Semenjak ngerasa tulisan membantu aku share pengalaman aku dan trnyata banyak yang terbantu. Aku lanjut lah di dunia sharing tentang parenting. Sharing dan review masa-masa menyusui sampai barang-barang yang aku pake berguna pas punya baby. Jadi perubahannya banget, tapi jadi lebih seru karena ngerasa bertemu dengan komunitas baru dan moms lain yang saling mendukung secara online," jelas Ibu anak 2 ini.

3. Suka Travelling

Wanita yang kini berusia 34 tahun ini miliki hobi travelling. Sebelum menikah, dirinya berkeliling jalan-jalan bersama suami. Namun saat dirinya memiliki anak, Jean memilih untuk di rumah dan fokus untuk mengurus keluarga.

Tapi Jean akui dirinya sempat bosan di awal saat mengurus anak-anaknya karena hanya di rumah saja. Itu menjadi alasan dirinya menjadi penulis untuk berbagi pengalaman dan sebagai penyaluran pemikiran.

"Kaya penyaluran pemikiran juga gitu haha
Eh taunya keterusan, dan malah jadi sebuah pekerjaan. Dulu kan nggak, pas awal aku aktif 2016, masih bisa dihitung influencer parenting. Jadi yah, orangnya itu-itu aja. Tapi sekarang udah buanyaak banget banget," papar Jane.

Karena sudah miliki prioritas yang berbeda, Jean Girsang kini lebih utamakan kebutuhan anak sekolah hingga les. Jean juga mengatakan jika hobinya ini untuk sementara ia tunda dan menunggu para buah hatinya untuk tumbuh besar dan bisa diajak untuk travelling bersama.

Walau begitu Jean mengakui sebelum pandemi dan miliki anak kedua, dirinya sempat ajak anak pertamanya untuk pergi ke luar negeri dan jalan-jalan ke luar kota. Dirinya juga mengaku lebih hati-hati di masa pandemi ini jika ingin keluar rumah.

4. Urus Anak di Tengah Pandemi

Miliki dua orang anak adalah sebuah tantangan untuk Jane Girsang di tengah pandemi ini, apalagi usia mereka yang masih balita. Jane selalu observasi perilaku kedua buah hatinya untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya.

"Mastiin mereka berdua sehat makan bernutrisi dan secara mental juga sehat berkembang dengan baik. Karena 1000 hari kan sampai usia 2 tahun (golden age) termasuk juga interaksi dengan orang atau adapatasi tempat-tempat baru. Itu ngaruh juga jangan sampai si anak jadi takut kalau ketemu orang baru," paparnya.

Untuk obati stress karena efek pandemi yang nggak bisa kemana-mana, Jane Girsang lakukan hal yang ia sukai seperti menonton, main hp, belanja online, bikin konten, atau sekedar menitipkan anak-anaknya ke orang tua dan pergi belanja. Dengan begitu, Jane sudah merasa lebih baik dan kembali ke rumah.

"Janjian sama orang tua atau mertua buat nitip anak-anak, karena aku nggak pakai suster kan dari awal. Jadi anak-anak semua aku pegang sendiri. Jadi ketika pergi kerja pun aku titip ke orgtua," jelas Jane.

Jane Girsang juga berharap jika pandemi segera berakhir, karena banyak dampak kena termasuk pekerjaannya. Dirinya ingin anak-anaknya kembali bersekolah secara normal. Tak hanya itu, Jane Girsang juga rindu akan travelling dan pandemi juga berpengaruh besar pada tempat-tempat pariwisata.

"Dulu pas bertugas Putri Pariwisata kan promoin pariwisata Indonesia kenceng banget. Sekarang mereka sepi pengunjung.
Jadi pengen balik normal lagi agar roda perekonomian juga kembali jalan. Tapi yg terpenting harapannya Indonesia dan dunia kembali sehat," ungkap Jane Girsang.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING