Lanjutkan Penyidikan, KPK Duga Zumi Zola Terima Gratifikasi Rp 49 Miliar

Rabu, 11 Juli 2018 11:57 Penulis: Wulan Noviarina
Lanjutkan Penyidikan, KPK Duga Zumi Zola Terima Gratifikasi Rp 49 Miliar Zumi Zola ©KapanLagi.com/Muhammad Rasyad

Kapanlagi.com - Penyelidikan lanjutan KPK pada kasus gratifikasi yang menjerat Gubernur Non Aktif Jambi, Zumi Zola masih terus bergulir. Dan hasil pemeriksaan terbaru menunjukkan hasil yang cukup mencengangkan.

Dilansir dari Merdeka.com, Zumi Zola diduga melakukan gratifikasi senilai Rp 49 miliar. Hal tersebut dijelaskan oleh KPK yang diwakili oleh Basaria Panjaitan, Selasa, (10/7).

"Selama proses penyidikan untuk dugaan gratifikasi tersebut, sampai saat ini penyidik telah menemukan bahwa ZZ diduga menerima total Rp 49 miliar," ujar Basaria ketika jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan.

Zumi Zola didiuga terima gratifikasi Rp 49 miliar ©KapanLagi.com/Muhammad RasyadZumi Zola didiuga terima gratifikasi Rp 49 miliar ©KapanLagi.com/Muhammad Rasyad

Jumlah yang nilainya fantastis tersebut diduga diterima Zumi selama ia menjabat sebagai Gubernur Jambi. Zumi sendiri terpilih menjadi Gubernur Jambi untuk periode 2016 hingga 2021. Namun ternyata baru satu tahun menjabat, Zumi sudah terjerat kasus gratifikasi yang membuatnya mendekam di dalam penjara KPK.

Kasus ini merupakan pengembangan dari kasus suap ketuk palu RAPBD Provinsi Jambi 2018. Bersama dengan Zumi, ditetapkan pula beberapa tersangka, yaitu Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, anggota DPRD Jambi Supriyono, Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik dan Asisten Daerah II Jambi Syaifuddin.

Sebelumnya, Zumi sempat mengajukan dirinya menjadi Justice Collaborator. Namun kemudian kembali ditetapkan sebagai tersangka setelah KPK menemukan bukti baru.

(mdk/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING