SELEBRITI

Lewat Novel 'CERITA ADE', Nia Ramadhani Angkat Kisah Masa Kecil Hingga Jalani Rehabilitasi

Senin, 28 November 2022 23:51

Nia Ramadhani ©Winston Gomez via instagram.com/ramadhaniabakrie

Kapanlagi.com - Banyak pelajaran yang didapat oleh artis Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie selama delapan bulan menjalani rehabilitasi atas penyalahgunaan narkoba. Selama berada di tempat rehabilitasi, Nia Ramadhani membuat sebuah tulisan harian tentang perjalanannya dari kecil hingga terkena kasus penyalahgunaan narkoba. Dari tulisan-tulisan itulah ia tuangkan ke dalam sebuah novel yang berjudul CERITA ADE.

"Saya jadi tertarik, karena di sini (rehab) kita belajar untuk mengetahui apa sih yang menyebabkan sampai saya mengambil jalan yang salah. Awalnya saya pikir untuk bersenang-senang saja," kata Nia Ramadhani di Pusat Rehabilitasi FAN Campus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/11).

"Ternyata tidak, dan prosesnya itu panjang, dan caranya bermacam-macam. Salah satu caranya adalah membuat tulisan harian. Di dalam tulisan harian itu saya diminta untuk mengingat masa lalu saya, perjalanan hidup saya, dari saya kecil sampai dengan hari kejadian," tambah Nia Ramadhani.

1. Cara Meregulasi Emosi

Dalam novel CERITA ADE yang sengaja diubah menjadi bentuk novel, Nia Ramadhani menuangkan berbagai ilmu psikolog dan para konselor. Mulai dari bagaimana caranya meregulasi emosi dengan baik dan mengekspresikan apa yang kita rasa.

"Gimana caranya kita menyampaikan dengan cara yang tepat. Saya baru tahu di situ, kalau kita sebagai manusia tidak memiliki kemampuan dari beberapa hal itu, akan lebih mudah buat kita saat kita jatuh, kita mengambil jalan yang salah," kata Nia Ramadhani.

"Di situ saya tercengang, saya merasa akhirnya saya sadar, kejadian yang menimpa saya itu kejadiannya terlalu besar kalau hikmahnya hanya saya ambil sendiri," sambungnya.

2. Ingin Berbagi Pelajaran

Melalui novel CERITA ADE, Nia Ramadhani ingin membagikan pelajaran dan pengalaman yang ia dapatkan selama menjalani rehabilitasi kepada orang lain.

"Saya ngerasa kejadian itu bisa saya bagikan buat banyak orang. Saya merasa saya bisa bagikan ilmu-ilmu yang saya dapetin di sini dan cara-cara untuk bisa berjalan atau hidup lebih sehat kepada orang lain. Jadi saya memutuskan untuk menjadikan tulisan-tulisan harian saya ini menjadi sebuah buku," katanya.

3. Kerja Sama dengan Pidi Baiq

Mengerjakan novel CERITA ADE, ibu tiga anak ini bekerjasama dengan Pidi Baiq. Seorang penulis novel ternama dan sudah menghadirkan novel-novel terkenal, seperti DILAN: DIA ADALAH DILANKU TAHUN 1990, DILAN: DIA ADALAH DILANKU TAHUN 1991, MILEA: SUARA DARI DILAN, ASBUNAYAH, dan masih banyak lagi.

"Tapi saya berpikiran untuk menjadikan itu sebuah novel, akhirnya saya bekerjasama dengan ayah Pidi Baiq untuk menjadikan perjalanan hidup saya. Dan apa yang saya dapetin di sini untuk dibagikan menjadi sebuah novel oleh ayah Pidi Baiq dengan kata-kata, kalimat yang lebih ringan, dan didapat sama semua orang," kata Nia Ramadhani.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING