SELEBRITI

Mengenal Harjono Sigit, Ayah Maia Estianty Yang Berkarya Untuk Bangsa

Rabu, 31 Oktober 2018 14:55 Penulis: Guntur Merdekawan

Orangtua Maia Estianty / Credit: Istimewa

Kapanlagi.com - Maia Estianty adalah keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia, Oemar Said Tjokroaminoto. Garis keturunan itu didapatkannya dari sang ayah yang bernama Harjono Sigit Bachroen Salam yang sosoknya tak banyak terekspos.

Dalam beberapa waktu terakhir, Sigit mulai sering jadi sorotan mengingat beliau juga cukup 'eksis' di media sosial Instagram. Yang terbaru, beliau terlihat hadir di hari pernikahan Maia dan Irwan Mussry di Tokyo, Jepang.

Maia dikenal sebagai seorang musisi hebat dan juga wanita yang sangat inspiratif. Dan ternyata sang ayah, Sigit pun juga punya peran besar di dunia pembangunan atau arsitektur Indonesia loh. Yuk kenalan sama sosoknya bareng-bareng..

1. Seorang Arsitektur

Sigit lahir di Madiun, 21 September 1939. Beliau menghabiskan waktunya di kota kelahiran hingga lulus SMA tahun 1958. Setelahnya memutuskan untuk hijrah ke Bandung guna menempuh pendidikan Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pasca mendapatkan gelar sarjana di tahun 1964, Harjono Sigit baru saja resmi menjadi insinyur lulusan jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), ketika diminta merancang Gedung Pusat Penelitian dan Auditorium Semen Gresik di Jawa Timur pada tahun 1964.

Karya-karya beliau dianggap sangat berkarakter, yaitu jujur dan konsisten dalam penggunaan material dan pemanfaatan iklim tropis. Hingga saat ini rancangan Sigit tersebar di berbagai daerah, mulai dari Pasuruan, Gresik, Surabaya, Blitar, Madiun, Cepu hingga Samarinda.

2. Sosok Penting di Pendidikan Arsitektur Surabaya

Tak ingin bekal pengetahuannya seputar dunia arsitektur mengendap dalam diri, Sigit lalu memutuskan untuk membagikan ilmunya lewat dunia pendidikan. Beliau bahkan jadi salah satu orang yang pertama kali mengembangkan pendidikan arsitektur di Surabaya.

Nama Harjono Sigit tentunya sudah tak asing bagi mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Pasalnya beliau banyak mengabdikan waktunya di sana, mulai jadi dosen, dekan, bahkan Rektor.

3. Karya Arsitektur

Hingga saat ini Sigit sudah banyak sekali berkarya untuk bangsa dalam bentuk pembangunan arsitektur. Karya-karya beliau banyak terinspirasi oleh arsitek asal Amerika Latin seperti Oscar Niemeyer, Marcel Breuer dan Felix Candela.

Dari sekian banyak karyanya yang sudah jadi, ada beberapa bangunan yang paling ikonik, seperti Gedung PPS Semen Gresik (1965), Pasar Atum Surabaya (1977 – 1982), Balai Kota Samarinda, Kalimantan Timur (1973), Gedung DPRD Probolinggo (1973), Gedung Perhutani Jawa Timur dan masih banyak lainnya. Meskipun begitu, ada pula beberapa proyek Sigit yang tidak sempat terbangun, seperti salah satunya Proyek Kantor Pusat IKIP Surabaya.

4. Cucu Pahlawan

Menurut silsilah, Sigit adalah cucu dari Haji Oemar Said Tjokroaminoto, salah satu tokoh besar pemimpin organisasi pertama di Indonesia, Sarekat Islam (SI). H.O.S Tjokroaminoto juga dikenal sebagai sosok guru yang kelak pemikirannya mempengaruhi berbagai pemimpin besar di Indonesia hingga saat ini.

Sigit sendiri merupakan buah hati dari Siti Oetari yang merupakan putri sulung dari H.O.S Tjokroaminoto. Siti Oetari yang juga nenek dari Maia, sempat menikah dengan Presiden Pertama Indonesia, RI Soekarno.

5. Keluarga

Sigit menikahi seorang wanita bernama Kushtini dan dikaruniai 6 orang anak. Maia adalah anak ke-5 dari Sigit dan Kushtini. Beberapa nama lainnya mungkin kalian juga sudah kenal seperti Pinky Evianty (kakak Maia), mengingat Ia juga sangat aktif di Instagram dan juga sering hangout dengan keluarga Maia.

Dari 6 anak Sigit, ada seorang pria yang merupakan anak pertama, yakni Hendy Sutanto. Sisanya berjenis kelamin perempuan, yakni Winny Sulistianti, Pingky Evianti, Astri Meriyanti, Maia Estianty dan Syntia Livianti.

6. Sosok Yang Gaul dan Ceria

Meski usianya sudah tak muda lagi, namun Sigit tetap berhati 'muda'. Dari postingan-postingan Instagram-nya, terlihat bahwa beliau adalah sosok suami dan juga ayah yang diidolakan anak-anaknya.

Sigit juga sering jalan-jalan ke luar negeri, berduaan saja dengan sang istri. Bahkan tak jarang juga beliau menuliskan caption-caption atau pose ala anak muda gaul di postingan Instagram-nya.

REKOMENDASI
TRENDING