SELEBRITI

Meninggal Dunia Karena Covid-19, Ini 13 Potret Transformasi Dorce Gamalama Sang Artis Mulitalenta - dari Suka Pakai Wig Hingga Berhijab Syar'i

Rabu, 16 Februari 2022 09:59 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Dorce Gamalama Meninggal Dunia © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan. Artis senior multitalenta Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2). Kepergian Dorce menggores luka di hati banyak orang yang selama ini menikmati karyanya.

Masih bisa diingat, jauh sebelum hari ini Dorce kerap wira-wiri di televisi. Kala itu, ia identik dengan wig. Dorce lantas behijab dan tetap berkarya. Berikut transformasi Dorce.

1. Dilansir dari buku Aku perempuan: jalan berliku seorang Dorce Gamalama, Dorce mengawali karier bernyanyinya di club hiburan malam Surabaya. Dari panggung ke panggung ia bernyanyi.

2. Masih dilansir dari sumber yang sama, Dorce lalu mendapat kesempatan tampil di TVRI Surabaya. Hatinya berbunga-bunga. Langkah kariernya makin lebar kala ia show di Amerika Serikat.

3. Sejak itu tawaran manggung semakin berdatangan. Diketahui, pada tahun 1990 ia pindah ke Jakarta. Tawaran datang tak hanya dari panggung hiburan tapi juga dari layar lebar.

4. Ia semakin menancapkan gelar multitalenta semenjak berkarir di Jakarta. Ya, Dorce tak hanya menelurkan single dan main film tapi juga jadi presenter.

5. Masih bisa diingat Dorce Show sebuah acara talkshow yang tayang di televisi pada 2005. Acara yang tayang pagi hari itu begitu booming. Ia sampai disebut sebagai 'Oprah Winfrey'-nya Indonesia.

6. Acara tersebut berumur panjang dan sukses jadi acara yang difavoritkan pemirsa. Acara tersebut kemudian dihentikan penayangannya pada April 2009 dan diganti dengan D'Show.

7. Dunia presenter tak lantas membuatnya lupa berkarya. Tak tanggung-tanggung, Dorce mencetak rekor MURI.

8. Rekor itu diraih lantaran ia berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

9. Album yang melibatkan 74 artis itu, menempatkan Dorce masuk di posisi 1883 dalam daftar penerima penghargaan MURI.

10. Dorce juga membuat museum pribadi, yang ia bangun untuk mempermudah dirinya mengingat masa-masa sulit.

11. Museum tersebut berisikan pakaian-pakaian manggung Dorce yang jumlahnya mencapai puluhan.

12. Dorce juga aktif dalam kegiatan sosial, mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah yang menyantuni sekitar 1.600 anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu.

13. Sempat sakit dan dijenguk para artis, Dorce akhirnya mengembuskan napas terakhir. Selamat jalan, Dorce. Karyamu akan selalu dikenang.


REKOMENDASI
TRENDING