SELEBRITI

Meski Disebut Tak Mendukung Upaya Pemerintah Dalam Memberantas Narkoba, Tuntutan Atas Jeff Smith Diringankan Karena Ini

Jum'at, 20 Agustus 2021 13:52

Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sidang kasus narkoba Jeff Smith masih bergulir. Hari ini, Kamis 19 Agustus 2021 sidang kembali berlanjut dengan agenda pembacaan tuntutan.

Dalam sidang itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengungkapkan beberapa poin yang meringankan dan juga yang memberatkan tuntutan terdakwa Jeff Smith. Bintang film Alas Pati itu dituntut dengan hukuman alternatif enam bulan penjara dan atau enam rehabilitasi.

1. Tuntutan yang Meringankan

Terdapat juga satu poin yang memberatkan hukuman Jeff Smith. Kekasih Aisyah Aqilah itu tak mendukung upaya pemerintahan memberantas narkoba dengan mengonsumsi ganja. "Yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam pemberantasan narkoba," kata JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Sementara yang meringankan ada beberapa poin. Salah satunya upaya Jeff Smith melakukan rehabilitasi atas kemauannya sendiri serta mengakui kesalahannya. "Meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa berlaku sopan dalam persidangan, terdakwa mengakui perbuatannya," ujarnya.

2. Menyesal

"Terdakwa menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan terdakwa pernah menjalani masa rehabilitasi," tambahnya.

Diketahui Jeff Smith didakwa pasal alternatif, Pasal 111 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan atau Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009. Ia Jeff Smith ditangkap jajaran Polres Jakarta Barat di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Kamis (15/4/2021) pukul 03.00 WIB, dalam penangkapan tersebut, didapatkan barang bukti penangkapan Jeff Smith berupa ganja.


REKOMENDASI
TRENDING