Muak Lihat Politisi Berebut Duniawi, Iwan Fals Berikan Solusi

Kamis, 26 November 2015 10:15 Penulis: Ahmat Effendi
Muak Lihat Politisi Berebut Duniawi, Iwan Fals Berikan Solusi Iwan Fals ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Penyanyi legendaris Iwan Fals mengaku prihatin dengan tingkah polah elite politik di tanah air. Pelantun lagu Sore Tugu Pancoran itu menilai sejumlah politisi di era pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla hanya mementingkan duniawi saja.

"Saya prihatin sama elite-elite politik kita apakah itu fitnah atau nggak saya nggak tahu. Kok terkesan pemimpin kita duniawi banget. Kesannya seperti itu. Mudah-mudahan kesannya saya salah. Walaupun memang begitu. Ya jangan dipilih lah yang duniawi itu," kata Iwan Fals, di Bilangan SCBD, Sudirman, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Ayah dua anak ini menilai para elite politik Indonesia harus bisa mencontoh kepada Jose Mujica, yang pernah jadi pemimpin Uruguay. Mantan Presiden Uruguay itu bahkan rela hampir seluruh gajinya diberikan kepada rakyat.

Iwan Fals berharap politisi Indonesia bisa bersikap layaknya Jose Mujica. ©KapanLagi.com/Bayu HerdiantoIwan Fals berharap politisi Indonesia bisa bersikap layaknya Jose Mujica. ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Saya kagum sama Jose Mujica yang memberikan 90 % gajinya kepada rakyat Uruguay, dia hidup sederhana di tempat pertanian. Tetapi kan Uruguay bukan 200 juta orang, Uruguay ini sekitar 3 juta orang penduduknya, tak sekompleks ini," katanya.

Meskipun Indonesia sangat berbeda dengan Uruguay, tetapi ayah dari Annisa Cikal Rambu Bassae itu mengungkapkan para petinggi-petinggi tanah air harus bisa belajar. Kesejahteraan rakyat lebih penting artinya daripada harta untuk para elite.

"Tapi bisa belajar kesederhanaan, kepuasan pemimpin itu tak seberapa dia banyak uang, tapi seberapa rakyatnya sejahtera, itu ukuran elite kita. Sekali saya baca di media, sampai saya mohon maaf muak dengan suasana ini," pungkasnya.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING