SELEBRITI

Polisi Jadi Saksi Sidang Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Vanessa Angel Keberatan Soal Handphone yang Disita

Selasa, 08 September 2020 07:30

Vanessa Angel © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sidang kasus penyalahgunaan narkoba dengan terdakwa Vanessa Angel kembali digelar Pengadilan Negeri Jakarta Barat dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan pihak Jaksa Penuntut Umum, yakni dua anggota polisi, Budi Nugroho dan Sunardi, Senin (7/9/2020).

Sunardi, yang berkesempatan menjadi saksi pertama, di hadapan Majelis Hakim menceritakan kronologi saat dirinya bersama beberapa rekannya mengamankan Vanessa Angel yang berada di Permata Mediterania, Kembangan, Jakarta Barat, pada 16 Maret 2020, lalu.

1. Keterlibatan Pengacara

Saat itu, polisi berhasil menyita 20 butir xanax dari kediaman Vanessa, 15 butir di laci meja rias kamar Vanessa dan 5 butir lagi di tas Vanessa. Berdasar keterangan Sunardi, 5 butir xanax diperoleh Vanessa bukan dengan cara membeli, melainkan hasil pemberian seorang pengacara bernama Abdul Malik.

Abdul Malik merupakan pengacara yang membantu perkara hukum Vanessa Angel kala terlibat kasus prostitusi online pada 2018 lalu.

"Lima (butir pil xanax) itu dapat dari mana?" Tanya Hakim kepada Sunardi.

"Dia (Vanessa Angel) bilang katanya dari Abdul Malik," jawab Sunardi.

2. Bantah Pernyataan Saksi

Budi Nugroho, saksi kedua menambahkan bahwa saat penggeledahan di rumah Vanessa, selain menyita 20 butir xanax, dirinya juga meminta Vanessa menyerahkan telepon genggamnya untuk dijadikan barang bukti.

Terkait telepon genggam, keterangan Budi dibantah Vanessa. "Handphone saya diminta saat di kantor polisi, (bukan di rumah)," kata Vanessa saat diberi kesempatan majelis hakim untuk mengomentari keterangan saksi.

3. Mana yang Benar?

Pernyataan saksi Budi Nugroho pun membuat tanda tanya pengacara Vanessa.

"Dari keterangan dua saksi itu, sebenarnya kami meragukan bahwa saksi tersebut bisa menguatkan dakwaan, kenapa? Karena ada satu saksi yang mengatakan bahwa hp daripada terdakwa ibu Vanessa Angel diberikan di rumah tapi klien saya mengatakan diberikan di kantor polisi, dan ini juga jadi pertanyaan buat kami, mana yang benar, di rumah atau kantor polisi," kata Arjana Bagaskara, kuasa hukum Vanessa, usai sidang.

Sementara itu, Vanessa Angel enggan memberikan keterangan kepada awak media. Ia terlihat tergesa-gesa meninggalkan Pengadilan.


REKOMENDASI
TRENDING