Rhoma Irama Kampanye Empat Pilar Lewat Dangdut

Rabu, 09 Januari 2013 09:26 Penulis: Darmadi Sasongko
Rhoma Irama Kampanye Empat Pilar Lewat Dangdut Rhoma Irama
Kapanlagi.com - Musisi Rhoma Irama menyatakan kesiapannya untuk menyosialisasikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara melalui pentas musik dangdut. Baginya Empat Pilar itu, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI bukan sesuatu yang baru bagi para musisi dangdut.

"Bagi PAMMI, Empat Pilar bukan merupakan hal baru. Lagu mars PAMMI di dalamnya juga terkandung Empat Pilar," kata Raja Dangdut itu ketika melakukan audiensi dengan pimpinan MPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (08/1).

Pada kesempatan itu, Rhoma Irama selaku Ketua Umum Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) didampingi pengurus PAMMI, Waskoto (Sekretaris Jenderal) dan Mara Karma (Ketua Bidang Litbang).

Sementara unsur pimpinan MPR yang hadir adalah Ketua MPR RI Taufiq Kiemas didampingi tiga wakilnya Hajriyanto Y Thohari, Ahmad Farhan Hamid, dan Melani Leimena Suharli, serta Sekretaris Jenderal MPR RI Eddy Siregar.

Rhoma menjelaskan, kunjungan PAMMI ke MPR karena memiliki komitmen untuk menguatkan nasionalisme dan mengokohkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami ingin membantu MPR RI melalukuakn sosialisasi Empat Pilar melalui pentas musik dangdut. Kalau MPR berkenan, PAMMI ingin menjalin kerja sama dengan MPR RI," kata Rhoma.

Pimpinan Orkes Melayu Soneta Grup ini menambahkan, sebelumnya PAMMI sudah menjalin kerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Pada kesempatan tersebut, pimpinan MPR RI, Taufiq Kiemas menyambut baik keinginan PAMMI untuk membantu sosialisasi Empat Pilar.  Musik dangdut merupakan salah satu sarana untuk mensosialisasikan Empat Pilar secara efektif, karena banyak masyarakat Indonesia menyukai musik dangdut.

"Kami menyambut gembira keinginan PAMMI. Mudah-mudahan kerja sama antara MPR dan PAMMI dalam mensosialisasikan Empat Pilar bisa segera terealisasikan," kata suami Megawati Soekarno Putri itu.

Setelah penandatanganan MoU, pengurus PAMMI akan diberi penataran dalam bentuk training of trainer (ToT) sebagai modal sosialisasi.

Pada kesempatan tersebut, Rhoma Irama sempat menyanyikan beberapa bait lirik lagu Soneta Grup yang ada kaitannya dengan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, seperti lagu Hak Azasi dan Indonesia.

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING