SELEBRITI

Sebelum Jasad Eril Ditemukan, Sang Nenek Sempat Titipkan Kain Kafan pada Ridwan Kamil Untuk Cucunya

Selasa, 14 Juni 2022 16:40 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Sang Nenek Sempat Titipkan Kain Kafan pada Ridwan Kamil © instagram.com/emmerilkahn

Kapanlagi.com - Ibu dari Ridwan Kamil, Tjutju Sukaesih yang merupakan nenek dari Emmeril Kahn Mumtadz mengungkapkan doa yang ia panjatkan untuk sang cucu. Ia mengungkapkan hal tersebut ketika prosesi pemakaman Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, (13/6) Senin siang.

Dalam kesempatan itu Tjutju mengatakan bahwa selama Eril masih dinyatakan hilang di Sungai Aare, ia selalu berdoa dan mengharapkan agar Eril bisa muncul ke permukaan. Dirinya memohon kepada Allah agar jenazah cucunya bisa dimakamkan di Indonesia.

"Saya adalah nenek Emmeril Kahn Mumtadz, Eril. Alhamdulillah Ya Allah, saya mengharapkan dan mendoakan Eril bisa muncul ke permukaan. Karena dia lahir itu di Benua Amerika dan kejadian ini adalah di Benua Eropa," ungkap Tjutju.

1. Ingin Eril Dimakamkan di Indonesia

"Dan takdirnya seperti yang kita saksikan. Tapi saya mohon saya bilang, bisa dikuburkan di Benua Asia, di Indonesia khususnya," lanjutnya.

Doanya pun kini berbuah manis, jasad Eril akhirnya ditemukan. Kini sang cucu telah dimakamkan di Indonesia, di tempat ibunya berasal, tepatnya di Cimaung, Kabupaten Bandung.

2. Doa Terkabul

"Dan sekarang kita saksikan tempat Eril dikuburkan, dan kita doakan semuanya, dan itulah yang saya ingin sampaikan. Bahwa doa saya telah terkabul," ujarnya.

Selain itu, Tjutju mengatakan bahwa ia sempat menitipkan kain kafan pada Ridwan Kamil saat di Swiss yang khusus untuk mengkafani jenazah sang cucu. Menurutnya kepergian Eril menjadi pelajaran bagi dirinya sebagai seorang nenek bahwa ia belum tentu bisa melakukan apa yang seperti Eril lakukan semasa hidup.

3. Titip Kain Kafan

"Saya telah menitipkan kain kafan kepada anak saya pada saat di Swiss untuk mengkafani Eril. Alhamdulillah pelajaran bagi saya sebagai neneknya, bahwa saya belum tentu seperti yang Eril lakukan. Mohon doanya saja semoga kita semua belajar dari apa yang Eril lakukan," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING