Sekali Tes Darah 13 Juta, Joanna Alexandra Rela Jual Mobil Demi Baby Zio

Rabu, 07 Maret 2018 16:28 Penulis: Cinthya Septavy
Sekali Tes Darah 13 Juta, Joanna Alexandra Rela Jual Mobil Demi Baby Zio Joanna Alexandra - Raditya Oloan - Baby Zio (credit: istimewa)

Kapanlagi.com - Joanna Alexandra memutuskan untuk break syuting sementara waktu demi merawat putri cantiknya, Ziona Eden Alexandra Panggabean. Bersama sang suami Raditya Oloan, keduanya tabah menghadapi cobaan kali ini.

Tak sedikit biaya yang dikeluarkan keduanya demi Baby Zio. "Waduh banyak banget yak (biaya untuk baby Zio)  kita tes darah aja 13 juta sekali baru tes darah," tutur Raditya di IMERI UI, Salemba, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. "Belum biaya dokter yg seminggu bisa 3 sampe 4 kali itu plus terapi banyak banget sih sebenernya," sambung Joanna menambahkan.

Kelahiran anak keempat Joanna pada 24 Mei 2017 silam (credit: instagram.com/joannaalexandra)Kelahiran anak keempat Joanna pada 24 Mei 2017 silam (credit: instagram.com/joannaalexandra)

"Zio banyak ya kondisinya banyak cuman gabungan dari kondisinya Zio ini namanya campomelic dysplasia masih dalam tahap penegakkan sih masih ada beberapa tes yang lagi ditunggu hasilnya. Tapi kemungkinan besar campomelic dysplasia itu kondisi di mana mengefek beberapa tulangnya dia. Seperti kakinya kan crackfoot, jadi kita kasih sepatu khusus buat maintenance. Juga beberapa kelainan di tulang-tulang Ziona, tulang belakang dan juga laryngo malacia-nya. Tapi udah sembuh nih kemarin udah cek dokter dia udah boleh copot selangnya tapi emang nggak bisa langsung copot masih bertahaplah," imbuhnya.

"Banyak banget (biaya yang dibutuhkan untuk Baby Zio) parah, kita juga kan bukan pekerja yang istilahnya rutin ya. Kenapa kita semakin percaya karena setiap kita menggerakkan kaki ke arah yang baik, tetep jalanin. Malah banyak hal ajaib kayak jantung Zio deteksi ada lubang tapi 3 bulan hilang total," ungkap Raditya.

Joanna dan sang suami harus rela menjual mobilnya untuk Baby Zio (credit: instagram.com/joannaalexandra)Joanna dan sang suami harus rela menjual mobilnya untuk Baby Zio (credit: instagram.com/joannaalexandra)

"Tulang punggungnya juga kelainan pas di scan, 'loh mana ini kok udah ilang' itu terlau percaya sama namanya mukjizat sih. Tapi tanpa kerja keras dan usaha juga nggak akan terjadi. Kita harus jemput, makanya bekerja dan berdoa. Hubungan kami sebagai suami istri juga itu kita pasti kan. Masalah udah ada, jangan sampe berantem suami istri tambah masalah lagi. Banyak hal yang kami justru didewasakan supaya sampe selesai fight untuk anak kita," sambungnya.

Support keluarga dan beberapa teman ikut menguatkan keduanya. Beruntung rumah pasangan yang menikah tahun 2007 ini bersebelahan dengan orangtua. Jika Joanna berhalangan untuk mengantar Baby Zio terapi, sang mama atau kakak dari orangtua Radit yang mengantarkan, semua itu dilakukan demi yang terbaik untuk Baby Zio.

Dukungan orang terdekat menguatkan Joanna dan Raditya (credit: instagram.com/joannaalexandra)Dukungan orang terdekat menguatkan Joanna dan Raditya (credit: instagram.com/joannaalexandra)

"Ya karena emang waktu anak ini lahir kita sampe jual mobil. Dapet gift tapi kita sampe jual mobil untuk si Zio ini. Banyak hal yang kami korbankan juga sih, beberapa tunggakan juga terjadi di keluarga kita. Itu di kita nggak mau buat tunggakan membuat kita punya perasaan (sedih) kita mau tetep seneng, happy-happy, sampe jual rumah, jual apa, jual aja. Kan kalo nggak bisa bayar ya turunin standar, jangan turunin standart iman," tutur Radit. "Ini pintu berkatnya ini (nunjuk hati anaknya)," imbuh Joanna.

(kpl/far/cvn)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING