SELEBRITI

Soroti Interaksi Gala Sky dengan Fuji, Komnas Perlindungan Anak: Begitulah Tumbuh Kembang yang Sebenarnya

Minggu, 16 Januari 2022 11:10 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Komnas Perlindungan Anak Soroti Interaksi Gala Sky dengan Fuji (Credit: instagram.com/fuji_an)

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu Komisi Nasional Perlindungan Anak menerima pengaduan Doddy Sudrajat. Ayah dari almarhumah Vanessa Angel itu merasa keberatan atas proses pengasuhan cucunya yakni Gala Sky Andriansyah yang berada di bawah pengawasan keluarga besannya.

Beberapa hari berselang, pihak Komnas pun mengadakan kunjungan ke rumah keluarga Faisal buntut dari aduan Doddy. Di sana Arist Merdeka Sirait selaku ketua, serta Roostien Ilyas selaku dewan pengawas, merasa bila Gala telah berada dalam situasi asuhan yang tepat.

"Gala adalah segala-galanya untuk kedua kakeknya, tapi yang saya lihat justru di rumah kakeknya itu, Pak Faisal terlihat paling sabar. Kita harus jujur juga, nggak mungkin kita beri penilaian yang nggak masuk akal. Gala dalam keadaan baik-baik saja, Gala dalam keadaan normal," tutur Roostien ditemui di kantornya, kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (15/1/2022).

1. Kedekatan Gala dengan Fuji dan Fadly

Pihak Komisi Nasional Perlindungan Anak pun melihat bagaimana interaksi Gala Sky Andriansyah dengan Fadly dan Fuji Utami yang merupakan adik dari mendiang Bibi Andriansyah. Di situ terlihat bila Gala begitu dekat dengan kedua orang itu tanpa paksaan.

"Saya lihat Gala nggak bisa diam, dia lari ke sana ke sini dengan lucunya. Fuji ada di dekat kita, Gala hampiri Fuji, Fuji dia peluk, dia tepuk-tepuk Fuji, lalu lari lagi seperti anak-anak pada umumnya," jelas Roostien.

2. Tidak Bisa Dipengaruhi

Reaksi yang diberikan oleh Gala Sky Andriansyah kepada Fadly dan Fuji dianggap sebagai gambaran normal bagi anak usia satu tahun empat bulan. Anak sekecil itu tidak mungkin bisa berpura-pura.

"Tidak mungkin anak umur satu tahun empat bulan bisa dipengaruhi oleh siapapun. (Reaksi) itu sangat alami sekali. Di situ terlihat dari sorot mata, fisik, kelucuan dia, dia ketawa-tawa. Itulah tumbuh kembang yang sebenarnya dan kami dapati di sana," jelas Roostien.

3. Doddy Sudrajat Tak Hadiri Formulasi Perdamaian

Dari hasil kunjungan ke rumah Faisal, Sabtu hari ini Arist Merdeka Sirait mengajak Doddy Sudrajat untuk bertemu dan membahas formulasi perdamaian. Sayangnya Doddy tidak berkenan datang dengan alasan tak perlu ada yang diklarifikasi dan menyerahkan semua dari hasil pengadilan.

4. Terima Keputusan

Meski kecewa, Komisi Nasional Perlindungan Anak menerima keputusan yang dibuat oleh Doddy. "Nggak papa, itu hak dari saudara Doddy. Tapi tentu kita berpihak pada perspektif perlindungan anak, ya anak jangan sampai terganggu tumbuh kembangnya. Gitu saja," tandas Arist.


REKOMENDASI
TRENDING