SELEBRITI

Tak Lakukan PHK, Irfan Hakim Pilih Alihkan Tugas Pegawai dari Tukang Bakso Jadi Kru Youtube

Senin, 20 April 2020 15:14 Penulis: Louvina Gita

Irfan Hakim (credit: Kapanlagi.com/Budy Santoso)

Kapanlagi.com - Pandemi Covid-19 memukul mundur hampir semua unit bisnis di tanah air, tak terkecuali bisnis milik Irfan Hakim. Presenter yang hobi memelihara binatang itu mengatakan, bisnis bakso dan pakaian muslim miliknya terpaksa ditutup sementara waktu karena mengikuti arahan dari pemerintah.

Meski bisnisnya tutup, ternyata Irfan Hakim termasuk orang yang tidak tega jika harus mem-PHK para karyawannya. Untuk mengatasi hal tersebut, ia memilih mengalihkan para karyawannya yang ada di Jakarta dari tukang bakso menjadi kru channel YouTube miliknya.

“Biarpun usaha gue tutup tapi gue paling berat ya untuk memutus hubungan kerja, terus akhirnya mereka gue karyakan (jadi kru Youtube)" ucap Irfan Hakim saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

1. Tukang Bakso Kerja Depan Laptop

Keputusan Irfan Hakim untuk tidak memecat karyawannya juga didasari alasan aktivitasnya di youtube masih terus berjalan. Kini sejumlah pegawainya yang sebelumnya menjajakan bakso beralih tugas sementara dengan bekerja di depan laptop.

"Soalnya kan YouTube gue juga masih jalan, kontennya tentang binatang yang ada di rumah. Jadi ya tukang bakso saya sekarang sudah ada di depan laptop. Supaya tidak ada pemecatan,” lanjutnya.

2. Tidak Mengurangi Gaji

Tak hanya itu, Irfan Hakim juga bersyukur meski situasi sekarang ini terbilang sulit, sebisa mungkin ia tak mengurangi pembayaran gaji untuk para karyawannya. Pria 44 tahun itu juga menghimbau agar mereka menunda rencana mudik lebaran akibat Covid 19.

“Saya bilang ke karyawan saya, kita harus bersyukur saya masih bisa menggaji tanpa mengurangi gaji sama sekali, bahkan tidak terlambat selalu tepat waktu. Saya juga bilang, masalah mudik nanti dulu, sesuai dengan anjuran pemerintah. Setelah saya ngomong gitu mereka malah lebih semangat bekerja dan ikhlas,” tuturnya.


REKOMENDASI
TRENDING