SELEBRITI

Terima Gratifikasi Rp 40 M, Zumi Zola Pakai Sebagian Untuk Beli Action Figure Marvel

Jum'at, 24 Agustus 2018 11:40 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Zumi Zola © KapanLagi.com/Muhammad Rasyad

Kapanlagi.com - Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menetapkan status Zumi Zola bersalah atas kasus dugaan gratifikasi dan suap yang menjeratnya. Setelah menjalani beberapa kali persidangan, Jaksa mengajukan dakwaan kepada Zumi yang menerima gratifikasi sebesar Rp 40 miliar, USD 177,300, dan SGD 100 ribu. Zumi juga melakukan suap sebesar Rp 16 miliar sejak pertama kali menjabat sebagai Gubernur Jambi.

"Telah menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajibannya," ujar jaksa Tri Anggoro Mukti di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (23/8).

Dalam sidang tersebut, diketahui ke mana saja aliran uang hasil gratifikasi yang diterima oleh Zumi Zola. Beberapa di antaranya cukup mengejutkan, lantaran digunakan untuk belanja barang kebutuhan tersier.

1. Beli Action Figure Marvel

Salah satu hasil gratifikasi yang dilakukan oleh Zumi Zola adalah untuk membeli action figure. Jumlahnya tidak main-main dan dibayarkan oleh orang terdekatnya yang bernama Asrul Pandapotan Sihotang.

"Pada bulan Oktober 2017 Asrul Pandapotan Sihotang membayar action figure seharga Rp 52 juta yang dipesan terdakwa pada tahun 2016 dengan cara ditransfer ke penjualnya di Singapura," ucap jaksa Tri Anggoro saat membacakan surat dakwaan milik Zumi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (23/8).

Tidak hanya sekali, Asrul dua kali melakukan pembayaran untuk pembelian mainan yang memang berharga cukup mahal ini. "Asrul Pandapotan Sihotang pada bulan Juni-November 2017 membayar pelunasan pemesanan 9 patung action figure Marvel dari Singapura seharga SGD 6,150 (sekitar 65 juta rupiah)," ujar Tri.

2. Belanja di XM Studios

Selain belanja action figure Marvel senilai puluhan juta, Zumi Zola juga membeli koleksi mainan mahal lainnya dari XM Studios. Studio action figure yang satu ini sudah lama dikenal akan akurasi dan detailnya yang sangat apik, yang tentu saja berharga mahal.

Zumi belanja senilai SGD 5.600 (sekitar Rp 59,7 juta) di XM Studios. Belanjaan ini juga dibayar Asrul pada bulan November tahun 2017 dan jumlahnya ada 16 item.

3. Bayari Belanja Online Istri

Tidak hanya memakai uang gratifikasi untuk membayar belanjaannya sendiri, Zumi juga menggunakannya untuk membayar belanja online istrinya. Pemberi gratifikasi menyerahkan uangnya bukan dengan transfer ke rekening sang istri yang bernama Sherin Tharia. Melainkan dengan cara setor tunai yang dibayarkan langsung ke pihak online shop.

"Belanja online Sherin Taria dengan cara setor tunai ke rekening BCA atas nama Wilina Chandra yakni masing-masing Rp 19.700.000, Rp 12.550.000, dan Rp 4 juta," ujar jaksa Tri Anggoro.

Total belanja online shop Sherin adalah senilai Rp 36.250.000. Namun jaksa tak menyebutkan barang apa yang dibeli oleh Sherin dengan harga yang cukup banyak ini.

4. Beli Hewan Kurban

Pada bulan September 2016, Zumi juga menggunakan uang gratifikasi untuk pembelian 10 hewan kurban atas nama dirinya. Total untuk pembelian hewan kurban itu seharga Rp 156 juta.

Selain itu Zumi juga membeli hewan kurban senilai Rp 400 juta dengan uang gratifikasi. Totalnya sebanyak 25 ekor hewan kurban yang diserahkan pada momen Idul Adha.

5. Belanja Pakaian Mewah

Tidak hanya membeli mainan mahal, Zumi Zola juga menggunakan uang gratifikasi yang ia terima untuk membeli pakaian mewah. Ia membeli pakaian di Plaza Indonesia seharga Rp 50 juta.

Selain itu Zumi juga melakukan pembelian dompet dan ikat pinggang seharga Rp 40 juta. Semuanya dilakukan dengan menggunakan dana yang ia terima dari orang lain.

6. Beri Suap Belasan Miliar

Selain menerima gratifikasi, Zumi juga didakwa memberi suap dengan total Rp 16.490.000.000 kepada pimpinan DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019. Uang suap diberikan Zumi terkait ketok palu pembahasan APBD Tahun Anggaran 2017.

Jaksa menyebut, agar pembahasan anggaran APBD 2017 lancar Zumi harus mengguyur anggota DPRD masing-masing Rp 200 juta, badan anggaran sebesar Rp 225 juta, dan anggota komisi masing-masing mendapat Rp 375 juta. Uang suap digelontorkan Zumi juga terkait pembahasan anggaran daerah tahun 2018.

Sumber: merdeka.com/yunita amalia

(kpl/phi)


REKOMENDASI
TRENDING