SELEBRITI

UN 2020 Ditiadakan Akibat Corona, Tissa Biani Ungkap Sisi Positif dan Negatifnya

Selasa, 24 Maret 2020 19:00

Tissa Biani © KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Maraknya wabah virus corona, membuat Presiden Jokowi telah memutuskan untuk menghapuskan Ujian Nasional (UN) Tahun 2020. Tentunya hal ini menjadi ramai diperbincangkan oleh siswa Sekolah Menengah Atas di media sosial. Bahkan, tak sedikit yang meluapkan kegembiraannya melalui berbagai meme.

Salah satu artis yang ikut merasakan hal tersebut adalah Tissa Biani. Artis berumur 17 tahun ini mengaku kalau dihapuskannya UN juga berpengaruh pada home schooling-nya.

"Ya (berpengaruh). Mungkin orang tahunya sekolah di rumah. Tapi pada dasarnya pada umumnya home schooling itu sama aja kayak sekolah biasa tetapi bedanya waktunya lebih fleksibel. Dari home schooling aku juga menetapkan UN nggak ada gitu. Karena kan mengikuti diknas gitu kan. Paling diganti dengan Ujian Akhir Sekolah yang kayak biasanya UAS," ucap Tissa Biani saat dihubungi Kapanlagi. com lewat pesan singkat, Selasa (24/3).

1. Sisi Positif dan Negatif

Artis yang main di film KKN di Desa Penari ini mengaku kalau ia merasa senang tapi juga sekaligus sedih dihapuskannya UN. Ia pun mengungkapkan ada sisi positif dan negatifnya.

"Sebenarnya jawaban aku ada dua sisi sih. Ada sisi positifnya juga, ada sisi negatifnya juga. Kalau sisi negatif dari aku lebih ke sedih karena aku nggak bisa merasakan ujian nasional SMA layaknya siswa pada umumnya. Dan aku karena punya kakak yang sudah lulus dia masih ngerasain ujian SMA kayak gimana sih tuh rasanya. Pasti ada satu hal spesial yang hilang kalau kita nggak ngelakuin itu. Aku juga biasanya kan setelah melewati tiga tingkatan pasti ada ujian nasionalnya dan sekarang nggak kayak apa ya ada satu hal spesial aja gitu yang hilang", ucap Tissa Biani.

"Kalau sisi positifnya mungkin aku lebih merasa save, merasa aman, karena kita bisa stay di rumah dulu sampai wabah virus corona ini hilang gitu. Terus aku sih lebih ngikutin apa kata pemerintah aja deh. Nggak tahu alasan mereka mungkin mereka punya tujuan baik. Jadi aku sebagai warga negara dan sebagai siswa yang Insya Allah baik juga harus mengikuti anjuran pemerintah aja gitu," tambahnya.

2. Kegiatan Selama Social Distancing

Selama social distancing, Tissa juga mengaku masih meluangkan waktu untuk belajar. Ia mengaku sudah terbiasa belajar secara online.

"Aku masih belajar dari rumah, kadang dari guru aku, dari teman-teman aku juga suka berdiskusi gitu mengenai soal-soal yang memang harus dibahas. Karena kan aku juga sudah terbiasa karena aku home schooling jadi memang sistemnya kayak gini, sistemnya belajar online. Jadi bukan suatu hal yang asing lagi buat aku untuk belajar online, belajar dari rumah," ujarnya.


REKOMENDASI
TRENDING