SELEBRITI

Viral Rambut Nabi Muhammad SAW yang Dibawa Opick, MUI: Orang Wahabi Nggak Percaya Itu

Sabtu, 11 Mei 2019 10:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Opick © Kapanlagi/Adrian Utama Putra

Kapanlagi.com - Baru-baru ini, viral berita tentang Opick yang mendapatkan sehelai rambut nabi Muhammad SAW. Sehelai rambut tersebut berasal dari Turki, dan telah mendapat sertifikasi dari Dewan Ulama Thariqah Internasional.

Lantas, bagaimana pendapat Majelis Ulama Indonesia mengenai sehelai rambut Nabi Muhammad SAW tersebut? Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi mengungkapkan jika ada 2 pendapat.

"Makanya saya bilang ada 2 pendapat. Kalau orang Wahabi nggak percaya itu, dianggap itu musyrik. Kalo orang Al Sunnah Al jama'ah percaya, bahwa peninggalan Nabi itu mengandung barokah, barokah itu bukan syirik. Kalo menurut orang Wahabi itu syirik," ujarnya saat dihubungi via telepon Jumat (10/5).

 

 

1. Berbeda Pendapat

"Barokah itu sesuatu jalan Tuhan yang diberikan kepadanya hambanya lewat doa atau barang yang memang terkait dengan tempat suci. Misalnya Multazam, kenapa berkah? Karena Allah memberikan ajarannya seperti itu," tambahnya.

Dirinya pun mencontohkan dengan Hajar Aswad, yang memang dianggap sebagai barang yang berkah. Bahkan Nabi Muhammad SAW juga mencium Hajar Aswad.

2. Analogikan Dengan Hajar Aswad

"Kenapa misalnya ada Hajar Aswad? Itu kan dianggap barang yang berkah, sampai Nabi sendiri menciumnya. Mencium Hajar Aswad itu berkah. Masuk akal ngga? Ya ngga masuk akal," ujarnya.

"Tapi Sayyidina Umar mengatakan, kalau saja bukan Nabi yang mencium kamu Hajar Aswad, saya tidak akan mencium, ngapain saya mencium kamu, gitu kata Umar bin Khattab saking ngga rasionalnya. Umar bin Khattab ini kan orang yang paling rasional," tutupnya.

(kpl/apt/frs)


REKOMENDASI
TRENDING