SELEBRITI

[Weekly Hot] Algojo Terpidana Mati - Roro Fitria Pamer Harta

Selasa, 05 Mei 2015 10:31 Penulis: Helmi Romadhon

© The Guardian

1. Curhatan Algojo Sang Penembak Terpidana Mati


KapanLagi.com - Mengakhiri nyawa seorang manusia rupanya menjadi sebuah hal yang sangat sulit dilakukan oleh para eksekutor mati. Salah seorang anggota Brimob yang pernah menjadi algojo penembak mati bersedia berbicara kepada The Guardian. Saat hukuman itu terjadi, dia bersama 11 orang lainnya akan berdiri sekitar 5-10 meter dan menembakkan senapan M16S saat diperintah dalam lingkungan yang gelap dan hanya bercahayakan obor.

"Beban mental yang lebih berat adalah para petugas yang harus mengikat terpidana di tiang dengan tali daripada para algojo penembak. Ini akan jadi rahasia seumur hidup. Sebagai anggota Brimob kami harus melakukannya karena tak punya pilihan. Tapi sebagai manusia, saya tak akan pernah melupakan kejadian ini seumur hidup," kisah sang eksekutor mati.

"Kami melihat para terpidana dari dekat. Saat mereka masih hidup, berbicara hingga mereka mati. Kami semua tahu persis kejadian itu. Saya tak berbicara dengan terpidana. Tapi saya memperlakukan mereka seperti keluarga sendiri. Saya hanya bisa bilang maaf karena hanya orang yang menjalankan tugas. Proses tembak mati selesai kurang dari lima menit. Setelah ditembak, para terpidana bakal lemas karena tak bernyawa lalu dokter datang memeriksa untuk memutuskan apakah korban sudah tewas atau belum," jelasnya panjang lebar.


REKOMENDASI
TRENDING