'Dara Manisku' Diterbitkan dalam Bentuk Novel

Selasa, 26 Oktober 2004 16:39 Penulis: Erlin
Kapanlagi.com - Setelah film 30 Hari Mencari Cinta dibukukan dalam format novel, kini giliran sinetron yang banyak digemari oleh remaja maupun ibu rumah tangga, Dara Manisku telah dibuat novelnya. Judul novelnya sama dengan judul sinetron yang tayang di RCTI tiap Selasa pukul 21.00 WIB ini.

Novel yang ditulis oleh Miranda itu diterbitkan penerbit buku Gagas Media. Menurut Rudy Gunawan, pimpinan Gagas Media, ide penerbitan novel ini karena sinetron yang dibintangi oleh artis Revalina S. Temat dan Bertrand Antolin itu, punya rating yang bagus.

"Ide pembuatan novel ini berawal dari tingginya rating Dara Manisku. Kebetulan, misi Gagas Media cocok untuk menerbitkan buku-buku populer yang datang dari fenomena masyarakat. Dan sinetron ini salah satunya," Jelas Rudy.

Sinetron ini sebetulnya ditulis oleh Sara Nathaniel, namun untuk penggarapan novelnya dipercayakan pada Miranda. Proses pembuatannya pun relatif singkat. "Prosesnya cukup cepat. Seminggu saya pelajar skenario sinetronnya, lalu seminggu berikutnya buat adaptasi dalam bentuk novel," Ujar Miranda.

Menurut Miranda, novel ini merupakan kisah yang ia adaptasi dari episode 1 sampai 13 sinetron Dara Manisku. "Ini sengaja kita buat berseri. Untuk novel pertama saya tulis dari naskah sinetron episode 1 sampai 13. Nanti di novel berikunya, diambil dari episode 14-26," terangnya.

Novel setebal 190 halaman ini sudah bisa diperoleh di pasaran sepekan lalu. Menurut Rudy, untuk tahap pertama, mereka mencetak sebanyak 5.000 eksemplar dengan harga jual Rp 25.000,- per bukunya. "Novel ini terbilang laris. Saat ini kami lagi merencanakan untuk cetak ulang," Ujar Rudy.

(isb/erl)

Editor:

Erlin


REKOMENDASI
TRENDING