Fujiko F. Fujio, Pencipta Doraemon Penyelamat Imajinasi Anak-Anak

Kamis, 17 November 2016 17:39 Penulis: Wulan Noviarina
Fujiko F. Fujio, Pencipta Doraemon Penyelamat Imajinasi Anak-Anak Doraemon ©istimewa

Kapanlagi.com - Biru, bulat, tak bertelinga, berhidung merah, pecinta dorayaki dan takut pada tikus. Dialah Doraemon, sosok animasi ciptaan komikus Fujiko F.Fujio yang sudah menghiasi dunia anak-anak sejak era 1980-an sampai sekarang.

Lewat berbagai media, buku komik, televisi sampai museum, Fujiko F Fujio lewat karakter Doraemon menyampaikan banyak hal pada seluruh penggemarnya di dunia ini. Tak melulu sibuk menghadapi kemalasan Nobita, Doraemon juga mengajarkan banyak hal pada anak-anak. Tentang pentingnya keluarga, jangan malas belajar, mencintai sesama, dan juga mencintai Bumi kita tercinta.

Doraemon, dengan segala alat yang ia miliki, juga membuat banyak anak-anak tetap memiliki imajinasi. Di tengah era teknologi masa kini, Doraemon adalah salah satu sosok yang membuat anak-anak tetap mau bermimpi, berkelana dengan dunia imajinasi mereka yang menyenangkan.

Alat-Alat Ajaib

Lewat kantong ajaibnya, Doraemon bisa mengeluarkan banyak alat-alat yang menakjubkan. Mulai dari baling-baling bambu dan pintu ke mana saja yang bisa membawa ke manapun kita mau. Sampai roti pengingat catatan agar ingatan kita jadi makin cerdas.

Fujiko sang pencipta Doraemon ©doraemonwikiFujiko sang pencipta Doraemon ©doraemonwiki


Tapi alat-alat Doraemon ini tidak ia keluarkan dengan sembarangan loh. Kucing tak bertelinga ini hanya mengeluarkannya kala dalam kondisi terdesak dan disertai dengan ketentuan serta syarat yang berlaku.

Ini menjadi contoh bagi anak-anak dan para penonton, bahwa tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini. Meski ada alat, kita harus berusaha melakukannya tanpa bantuan dulu sampai di titik juang penghabisan. Alat hanyalah sebagai bantuan, bukan penunjang utama dalam melakukan sebuah hal.

Petualangan Mendebarkan

Dalam berbagai seri film layar lebar, Doraemon mengisahkan petualangannya bersama Nobita dan kawan-kawan. Tak hanya bertualang di Bumi, tapi juga di dunia lain yang jauh dari rumah tercinta.

Lewat film petualangan ini, Doraemon menunjukkan bahwa dunia tidaklah sekecil yang dibayangkan oleh anak-anak. Bahwa hidup akan selalu penuh dengan tantangan, halangan dan rintangan yang harus dihadapi. Dan segalanya akan baik-baik saja kalau kita bisa menjaga kekompakan dengan sahabat, dan selalu cinta pada keluarga.

Selalu punya petualangan yang menyenangkan ©doraemonwikiSelalu punya petualangan yang menyenangkan ©doraemonwiki


Kisah-kisah yang disajikan oleh Doraemon lewat filmnya memang tak bisa dinalar manusia dewasa. Namun di sinilah Fujiko F. Fujio mengiring anak-anak agar terus berimajinasi. Membawa mereka ke dunia khayalan yang akan terus membuat mereka kreatif.

Berteknologi Tinggi, Tapi Tetap Rendah Hati

Doraemon mengajarkan kepada Nobita agar ia selalu berbagi dengan teman-temannya. Doraemon pun mengajarkan pada semua anak-anak, bahwa di eranya yang sudah sangat modern, persahabatan dan cinta pada sesama adalah hal yang lebih utama daripada semua teknologi yang ada di dunia.

Seolah Fujiko F. Fujio sudah memprediksi bagaimana anak-anak akan tumbuh di era yang penuh dengan teknologi. Doraemon, yang lahir dari era jauh lebih modern dari masa kini, dengan teknologi yang jauh lebih bagus daripada semua yang ada di Bumi, tetap mengajarkan bahwa alat hanyalah alat, tidak akan pernah menggantikan posisi manusia sebagai pencipta dan pemakainya.

Sahabat dan keluarga adalah segalanya ©doraemonwikiSahabat dan keluarga adalah segalanya ©doraemonwiki


Dengan cara yang menyenangkan, Fujiko lewat Doraemon mengajarkan banyak hal pada anak-anak. Tanpa sadar, anak-anak akan terus mengembangkan imajinasi mereka, hal terindah yang akan hilang jika tidak dipupuk dan dijaga. Imajinasi yang akan membuat mereka tumbuh menjadi manusia baik, tetap update dengan kemajuan dunia, namun tidak melupakan bahwa hubungan dengan sesama manusia dan juga alam adalah hal yang sangat penting.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING