PERSONAL
Adele Laurie Blue Adkins, atau dikenal dengan sapaan Adelesaja, lahir di Inggris pada tanggal 5 Mei 1988. Dia adalah seorang penulis lagu sekaligus musisi asal Inggris yang telah banyak menuangkan prestasi di bidangnya. Dia telah malang melintang di dunia musik sejak usianya masih 19 tahun.

Adele lahir dan diasuh oleh seorang ibu yang melahirkannya di usia yang relatif muda. Ibunya sendiri adalah seorang single parent yang bekerja sebagai pembuat barang mebel. Namun demikian, ibu Adelesangat mendukung bakat bermusik putrinya.

September 2012, Adele untuk pertama kalinya menunjukkan kehamilannya pada publik. Ini adalah kehamilan Adele yang pertama dengan kekasihnya, Simon Konecki. Sebelumnya, ia sempat digosipkan telah menikah dengan Simon namun berita ini dibantah oleh Simon.Meskipun belum merencanakan pernikahan, keduanya kini telah resmi bertunangan.

KARIR
Walaupun baru mencapai popularitas di usia 19 tahun, namun aktivitas bernyanyinya telah terasah sejak usianya masih 4 tahun. Saat itu dia pertama kali mencoba untuk bernyanyi, dan segera saja obsesi untuk menjadi seorang musisi mulai muncul dalam diri Adele.

Pada usia 16 tahun, Adele mulai menulis lagu berjudul Hometown Glory. Lagu tersebut akhirnya menjadi rekaman pertama yang sekaligus mengantarnya menjadi musisi ternama. Awalnya, minat bermusiknya sangat dipengaruhi oleh Spice Girls, namun seiring usia, dia bergeser le arah R&B akibat pengaruh Aaliyah, Destiny's Child dan Mary J Blige.

Lulus dari The BRIT School for Performing Arts & Technology di Croydon, Adele pun melanjutkan karir bernyanyinya. Akhirnya dia berhasil merilis debutnya dengan titel 19. Album debut tersebut sukses di pasaran dan berhasil meraih 4 platinum di Inggris. Akhirnya karirnya pun melesat tajam dan membawa namanya hingga ke USA. Album kedua, berjudul 21dirilis pada 24 januari 2011. Album ini juga sukses di pasaran dan membawanya pada berbagai penghargaan dan apresiasi musik.

Sejak albumnya dirilis, Adele memang menjadi salah satu musisi yang dianggap berbakat. Karya-karya yang dihasilkannya menerima apresiasi meriah dari kritikus musik dan masyarakat umum. Adeleadalah orang pertama yang berhasil menerima anugrah dalam BRIT Awards Critics' Choice. Kemudian, dia juga sempat menerima penghargaan Grammy Awards 2009 dengan kategori Best New Artist and Best Female Pop Vocal Performance

Selain itu, masih benyak penghargaan yang diterima oleh Adeleatas prestasinya yang membanggakan dan kontributif di dunia musik internasional.

DISKOGRAFI
Single
Hometown Glory
Chasing Pavements
Cold Shoulder
Make You Feel My Love
Rolling in the Deep
Someone Like You
Set Fire to the Rain

Album
19
21

 

Baca Profil Lengkap Adele ▼



Show More ▼