PERSONAL
Daniel Jacob Radcliffe sendiri adalah aktor asal Inggris, anak dari pasangan Alan Radcliffe dan Marcia Gersham yang lahir pada 23 Juli 1989 di Fullham, London, Inggris. Bakat berakting Radcliffe sudah dimulai sejak dia mengikuti beberapa produksi di sekolah.

Setelah karirnya yang gemilang dalam membintangi ketujuh sekuel Harry Potter, yang diangkat dari novel terkenal karangan JK Rowling yang tersebar ke seluruh dunia, Daniel menjadi remaja (di bawah 30 tahun) terkaya di Inggris,dengan pendapatan 42 juta pound, mengungguli Kiera Knightley, Emma Watson, Ruppert Grint, dan Robert Pattinson.

Daniel memiliki beberapa pengakuan yang mengejutkan mengenai dirinya, seperti pengakuannya yang mencoba membaca buku Harry Potter ketika berumur 8 tahun, dan tidak mampu menyelesaikannya. Buku ini akhirnya mampu diselesaikannya ketika dia memerankan Harry Potter, dengan buku ketiga, Prisoner of Azkaban sebagai buku favoritnya. Daniel juga mengaku bahwa dirinya tidak pernah benar-benar menonton film THE TAILOR OF PANAMA yang dibintanginya.

Selain itu, hal mengejtukan lainnya adalah bahwa Daniel memiliki kebiasaan buruk yang sukar hilang, yaitu minum minuman keras dan merokok. Daniel tergolong perokok berat yang dapat menghabiskan berpack-pack rokok dalam sehari. Dia mengaku bahwa saat ini dia sedang mencoba mengurangi kebiasaannya minum minuman keras.

KARIR
Karir Daniel dimulai setelah dia membintangi serial TV DAVID COPPERFIELD pada 1999 sebagai Copperfield muda. Dua tahun kemudian, Daniel berperan sebagai Mark Pendel pada film THE TAILOR OF PANAMA. Setelah itu, dia mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi pemain Harry Potter.

Nasib rupanya memang berpihak pada Daniel. Kecemerlangannya dalam berakting menarik perhatian Chris Colombus yang memberikannya peran utama sebagai Harry Potter dalam HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE. Pilihan Chris Colombus tersebut juga didukung oleh J.K Rowling selaku penulis seri Harry Potter. Menurut Rowling, dirinya tidak bisa menemukan orang lain yang lebih mirip dengan karakter Harry Potter selain Daniel.

Setelah film ini, Daniel dikenal publik di seluruh dunia, dan tidak bisa dilepaskan dari citra Harry Potter. Oleh karenanya, Daniel mendapatkan kontrak untuk terus melakoni perannya sebagai penyihir cilik yang dilakoninya sejak berumur 11 tahun itu dalam enam film sekuel Harry Potter lainnya hingga 2010, yaitu HARRY POTTER AND THE CHAMBER OF SECRET, HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN, HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE, HARRY POTTER AND THE ORDER OF PHOENIX, HARRY POTTER AND THE HALF-BLOOD PRINCE, dan HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS yang terus menyita perhatian publik internasional.

Di tengah-tengah pembuatan film-film Harry Potter, Daniel juga sempat membintangi film DECEMBER BOYS pada 2007 yang dibuat di Adelaide dan beberapa wilayah di sekitar Australia.

Daniel sempat dinominasikan sebagai Best Newcomer pada Variety Club Award. Daniel, yang dalam perannya kerap memakai kacamata ini, juga menerima penghargaan Sir James Carreras sebagai Outstanding New Talent dalam perannya dalam Harry Potter. Time Kids juga menganugerahi Daniel penghargaan Person of the Year 2002.

Pada pertengahan Juli 2010, Daniel mulai berperan dalam film lain selain Harry Potter, yaitu pada THE WOMEN IN BLACK, sebagai Arthur Kipp, seorang pengacara muda yang menyelidiki keberadaan wanita berbaju hitam. Daniel juga dikabarkan akan kembali ke Broadway dengan menjadi bintang dalam drama yang berjudul HOW TO SUCCEED IN BUSINESS WITHOUT REALLY TRYING setelah perannya sebagai Harry Potter sang penyihir tuntas.

SINEMATOGRAFI
Film
2001 THE TAILOR OF PANAMA
2001 HARRY POTTER AND THE PHILOSOPHER'S STONE
2002 HARRY POTTER AND THE CHAMBER OF SECRETS
2004 HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN
2005 HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE
2007 HARRY POTTER AND THE ORDER OF THE PHOENIX
2007 DECEMBER BOYS
2009 HARRY POTTER AND THE HALF-BLOOD PRINCE
2010 HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS - PART 1
2011 HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS - PART 2
2012 THE WOMAN IN BLACK


Televisi
1999 DAVID COPPERFIELD
2005 FOLEY AND MCCOLL: THIS WAY UP
2006 EXTRAS
2007 MY BOY JACK
2010 THE SIMPSONS
2010 QI

Baca Profil Lengkap Daniel Radcliffe ▼



Show More ▼