HOLLYWOOD

Cuitan Transfobia JK Rowling Tuai Hujatan, Daniel Radcliffe Hingga Emma Watson Ikut Bela Transgender

Kamis, 11 Juni 2020 14:55 Penulis: Sora Soraya

JK Rowling - Daniel Radcliffe @ AFP - TPG Images

Kapanlagi.com - Baru-baru ini, nama JK Rowling sukses bikin heboh media sosial gara-gara cuitannya di Twitter. Penulis buku HARRY POTTER itu awalnya mengomentari sebuah artikel yang bertajuk 'Opini: Menciptakan Dunia yang Lebih Setara Pasca COVID-19 untuk Mereka yang Mengalami Menstruasi'.

"Orang yang mengalami menstruasi. Aku yakin ada kata yang lebih pas untuk orang-orang itu. Tolong bantu aku. Wumben? Wimpund? Woomud?," protesnya dengan memelesetkan kata 'woman' dalam Bahasa Inggris.

Tak lama setelah itu, JK Rowling kembali menuliskan cuitan atas protesnya pada kaum transgender dan identitas mereka. Nggak heran jika pada akhirnya aksi Rowling ini menuai banyak kritik dan hujatan yang menyebutkan dirinya adalah seorang transfobia (penolakan untuk melawan kaum transgender atau transeksual).

1. Daniel Radcliffe Nggak Terima

Rupanya hal itu berhasil memancing perhatian Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter yang menghabiskan masa kecilnya dalam dunia magis karangan JK Rowling. Tidak sependapat dengan wanita berusia 54 tahun itu, Daniel justru membela hak-hak kaum transgender.

Lewat esai yang dirilis melalui The Trevor Project, aktor asal Inggris ini menuliskan, "Ini bukan soal pertengkaran di antara aku dan Jo (JK Rowling), ada hal yang lebih penting sekarang. Wanita transgender adalah perempuan. Setiap pernyataan yang berusaha menghilangkan identitas dan martabat kaum transgender akan bertentangan dengan semua saran yang diberikan oleh asosiasi kesehatan yang jauh lebih ahli soal topik ini, daripada Jo ataupun aku."

"Rasanya sudah jelas, kita perlu lebih banyak mendukung transgender dan kaum non-biner (queer), tidak untuk menghapus identitas mereka, atau membuat kerusakan yang lebih parah. Aku minta maaf yang sedalam-dalamnya kalau komentar tersebut sudah menyakiti hati kalian. Aku sangat berharap kalau kalian nggak akan kehilangan nilai berharga dalam cerita ini," imbuhnya.

2. Respon Emma Watson

Tidak hanya Daniel, Emma Watson juga menuliskan pembelaannya pada kaum transgender. Menentang keras opini Rowling, aktris cantik berusia 30 tahun itu mengungkapkan dukungannya lewat cuitan terbaru di Twitter pada hari ini, Kamis (11/6).

"(Identitas) Kaum trans adalah mereka sesuai dengan keyakinannya, mereka juga berhak menjalani kehidupan tanpa terus-menerus ditanya dan diberitahu kalau dirinya bukan orang yang seperti mereka katakan. Aku ingin trans followers-ku tahu kalau aku dan banyak orang di luar sana melihatmu, menghargaimu, dan mencintai kalian apa adanya," tulis Emma.

Di akhir postingannya, Emma mengajak para fans untuk berdonasi, "Aku berdonasi lewat @Mermaids_Gender dan @mamacash. Jika kalian mau, mungkin kalian tertarik untuk melakukan hal yang sama. Happy #PRIDE2020 Sending love."

3. Eddie Redmayne Juga Buka Suara

Sama halnya dengan Daniel dan Emma, Eddie Redmayne yang juga pernah bekerja sama dengan JK Rowling juga menyayangkan hal ini. Aktor yang pernah memerankan karakter transgender dalam film THE DANISH GIRL ini sempat buka suara pada Variety.

"Sebagai orang yang pernah bekerja dengan JK Rowling dan anggota komunitas trans, aku ingin menjelaskan posisiku. Aku tidak setuju dengan komentar Jo. Wanita transgender juga perempuan, pria transgender adalah laki-laki, dan identitas kaum non-biner adalah valid," tegasnya.

Well, menurut kamu sendiri bagaimana tentang hal ini?


REKOMENDASI
TRENDING