KOREA

Salah Pasang Foto Claudia Kim, Akun Twitter 'FANTASTIC BEASTS' Dituduh Rasis

Kamis, 15 November 2018 10:35 Penulis: Rahmi Safitri

Claudia Kim © AFP

Kapanlagi.com - Ketika Claudia Kim diketahui ikut serta dalam FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF GRINDELWALD, tak sedikit yang bahagia, terutama tentu saja orang-orang Asia. Tapi saat tahu kalau aktris asal Korea Selatan itu memerankan karakter Nagini, maledictus yang bisa jadi ular dan di seri HARRY POTTER merupakan budak dari Lord Voldemort, kontroversi mulai bermunculan.

Tak sedikit yang beropini kalau pemilihan aktris Asia untuk memerankan karakter Nagini dianggap sebagai bentuk rasisme. Di film-film HARRY POTTER sebelumnya, bintang Asia selalu mendapat peran yang tak penting dan kini Claudia Kim malah memerankan Nagini, yang diketahui nantinya akan menjadi ular antagonis.

Meski JK Rowling sudah menjelaskan kenapa memilih aktris asal Asia sebagai Nagini, ternyata anggapan rasis ini masih saja membayangi tim FANTASTIC BEASTS bahkan ketika para bintang film tersebut menghadiri premiere di Inggris. Ini semua gara-gara salah foto.

1. Salah Pasang Foto

Bintang-bintang FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF GRINDELWALD menghadiri premiere film mereka di Cineworld Leicester Square (13/11/2018 waktu setempat). Termasuk tentu saja, Claudia Kim ikut serta dalam acara ini.

Seperti dilansir dari Allkpop, akun Twitter untuk FANTASTIC BEASTS di wilayah Inggris (@BeastsMovieUK), lalu memposting foto-foto para bintang. Di salah satu kicauannya, mereka menyebut nama Claudia Kim, tapi foto yang dipasang malah aktris Jepang, Mirei Kitani, yang kebetulan sama-sama memakai gaun hitam di acara premiere.

2. Diprotes Netizens

Kesalahan ini ternyata tak luput dari netizens. Salah satu pengguna Twitter dengan username @ezzyzowah pun merasa kalau kesalahan ini adalah bentuk rasisme kepada aktris-aktris Asia.

"Kalian menganggap dua orang adalah sama cuma karena mereka wanita-wanita Asia. INI ADALAH RASISME. Kalian ini akun resmi di Inggris. Kalian nggak seharusnya melakukan kesalahan ini. Berikan respek kepada mereka berdua," kata @ezzyzowah yang langsung di-retweet lebih dari dua ribu kali (sampai berita ini dibuat).

Akun @ezzyzowah lalu menunjukkan kalau dirinya di-block oleh @BeastsMovieUK.

3. Bikin Tweet Baru

Setelah menyadari kesalahan, akun @BeastsMovieUK segera menghapus tweet dan membuat yang baru. Kali ini mereka memasang foto Claudia Kim dengan benar bersama dengan Jude Law, Johnny Depp, dan Ezra Miller.

Bagaimana pendapat KLovers? Apakah ini bentuk rasisme atau ketidaksengajaan? 

Apa kalian sudah nonton filmnya?


REKOMENDASI
TRENDING