PERSONAL
Nicki Minaj atau Onika Tanya Maraj dikenal sebagai artis hip hop yang dilahirkan di Trinidad dan Tobago. Minajlahir pada 8 Desember 1984 dari orang tua yang berdarah Indian dan Afro-Trinidad. Ia tinggal di Saint James, Trinidad and Tobago dengan neneknya hingga usia lima tahun.


Saat genap usianya lima tahun, ia dibawa ibunya ke Queens, New York City, Amerika. Menurut Minaj, ayahnya adalah seorang pemabuk dan pemakai narkoba, suatu saat ayahnya pernah mencoba untuk membunuh ibunya dengan membakar rumah.


Minaj terdaftar di sekolah Elizabeth Blackwell Middle School 210, disana ia bermain klarinet. Ia mengambil spesialisasi musik dan seni saat ia bersekolah di LaGuardia High School. Dari beberapa lagu dan interview bersama Minaj, beberapa menyimpulkan bahwa Minaj seorang biseksual.


Dalam sebuah wawancara ia menyatakan bahwa ia tidak berkencan dengan wanita ataupun pria, ia tidak suka diberi label apakah ia biseksual atau bukan karena menurutnya ada beberapa orang yang nyaman hidup dibawah bayang-bayang abu-abu.


Gadis yang lekat dengan rambut pink menyala ini mengaku ia menciptakan sebuah gambaran harajuku Barbie saat ia hendak pergi dari pertengakaran orang tuanya. Dalam album pertamanya ia menciptakan nama lain untuknya yaitu Roman Zolanski.


KARIR
Minaj menciptakan sendiri album kompilasinya dalam mixtape dan ia muncul di majalah XXL. Tahun 2008 ia menjadi artis wanita terbaik tahun tersebut menurut versi Underground Music Award. Minaj merilis BEAM ME UP SCOTTY, album kompilasinya yang lain pada April 2009 yang mendapat respon positif dari BET dan MTV


Album debut pertama Minaj, PINK FRIDAY dirilis 19 November 2010. Lagu-lagu dalam album tersebut mencapai jajaran lagu top dan ia menjadi artis wanita pertama yang mempunyai tujuh lagu yang masuk ke dalam Billboard Hot 100 secara serempak.


Tahun 2012, Minaj terpilih menjadi juri American Idol bersama Mariah Carey. Sebelumnya, beberapa kandidat nama yang sempat beredar untuk menduduki kursi juri ajang pencarian bakat ini antara lain Jonas Brother, Pharell Williams dan Kanye West.


Bulan September 2012 Minaj kembali menoreh prestasi dengan menyabet penghargaan Best Female Video dalam MTV Video Music Awards lewat lagu Starships. Kemenangan ini cukup mengejutkan karena banyak yang menjagokan Katy Perry dengan Part Of Me atau Rihanna dengan We Found Love.


Dalam ajang penghargaan tersebut, Minaj juga masuk dalam nominasi Best Hip-Hop Video melalui lagu dan Best Visual Effects dalam lagu duetnya bersama David Guetta berjudul Turn Me On.


DISKOGRAFI
PINK FRIDAY (2010)
PINK FRIDAY: ROMAN RELOADED (2012)


 

Baca Profil Lengkap Nicki Minaj ▼



Show More ▼