PERSONAL

Glenn Fredly Deviano Latuihamallo, lahir di Ambon, Maluku, pada tanggal 30 September 1975. Anak pertama dari lima bersaudara ini dikenal sebagai penyanyi yang pada Anugerah Musik Indonesia 2001 (AMI) pernah meraih penghargaan kategori lagu terbaik dan penyanyi pria terbaik untuk lagu musik R&B.

Glenn menikah dengan penyanyi Dewi Sandra, yang juga mantan istri aktor Surya Saputra pada 3 April 2006. Pernikahan mereka berlangsung secara tertutup di Bali, tak lama setelah Dewi dan Surya bercerai, sehingga mengundang anggapan bahwa mereka telah menjalin hubungan sejak Dewi masih menjadi istri Surya Saputra. Namun hal ini kemudian dibantah keduanya.

Namun, rumah tangga Glenn pada penghujung 2008 mengalami goncangan. Dikabarkan ia dan Dewi telah pisah ranjang, dan segera bercerai. Di tengah-tengah masalah rumah tangganya, Glenn merilis single Terserah dari album PRIVATE COLLECTION, yang konon liriknya menyindir Dewi. Kabar keretakan rumah tangga Glenn dan Dewi yang selama ini santer diberitakan ternyata benar adanya.

Meski kedua public figure ini selalu membantahnya, namun kejelasan ini mulai tampak. Glenn telah melayangkan gugatan cerai pada 12 Maret 2009 melalui Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Persidangan Glenn - Dewi cukup memakan waktu, karena pada awalnya, Dewi masih ingin mempertahankan pernikahannya. 27 Agustus 2009, akhirnya sidang cerai Glenn diputuskan, ia resmi menyandang status duda.

Akhir Oktober 2009, muncul kabar mengagetkan dari Glenn. Kabarnya ia terserang penyakit HIV. Namun hal ini dibantah oleh mantan istrinya, Dewi Sandra, tapi ia membenarkan Glenn yang sakit dan sempat dirawat di rumah sakit, tapi bukan karena HIV. Hal ini pula dibenarkan Glenn. Ia menderita masalah pencernaan yang cukup kronis karena menjadi seorang vegetarian, di mana asupan makanan dan energi yang ia keluarkan tidak seimbang. Tapi saat ini kondisinya pun berangsur membaik.

KARIR

Awal karirnya adalah pada saat dia menang dalam kontes menyanyi, Cipta Pesona Bintang. Dan pada tahun yang sama, dia bergabung dalam sebuah band, Funk Section. Setahun kemudian, Glenn menjadi finalis dalam kompetisi Asia Song Festival. Pada tahun 1998 Glenn memutuskan untuk meninggalkan band dan memulai karirnya sebagai penyanyi solo R&B, yang dinilai sesuai dengan karakter vokalnya. Dia lalu merilis album pertamanya, GLENN, pada tahun itu juga. Album tersebut terjual 50.000 kopi, dan memang musik R&B belum populer pada masa itu.

Tahun 2000, Glenn merilis album solo keduanya, KEMBALI, dengan single andalannya Kasih Putih. Lalu, pada tahun 2001 Glenn berhasil menduduki urutan ketiga dalam Russian Asia Dauzy International Song Festival. Pada bulan Maret 2009, Glenn menjadi bintang utama dalam Java Jazz Festival yang merupakan konser tribut untuk Chrisye. Dan pada tahun yang sama pula, dia turut berpartisipasi dalam konser tribut untuk Michael Jackson di lima kota besar di Indonesia.

Awal Januari 2010, Glenn merilis album teranyarnya, yang diberinya judul LOVEVOLUTION. Untuk album kesepuluhnya ini, Glenn, menjagokan single Cuma Kamu. Pada tahun 2011 ini, Glenn bergabung bersama Tompi dan Sandhy Sondoro yang menamakan diri mereka Trio Lestari, dan merencanakan sebuah konser.


Merayakan 17 tahun kiprahnya di dunia musik, Glenn berencana menggelar konser tunggal secara besar-besaran di Istora Senayan. Konser bertajuk Cinta Beta yang rencananya akan digelar pada 2 September 2012 ini dikonsep dengan budaya Ambon yang kental.


Kecintaannya pada tanah kelahirannya juga dibuktikan dengan keterlibatannya pada proyek E.F.A (Everyone For Ambon) terkait dengan bencana banjir dan longsor di Ambon yang tidak terekspos pada Juli 2012 lalu. Bersama 22 musisi lainnya, Glenn menyanyikan lagu ciptaan JFLow berjudul Harapan yang diaransemen oleh Barry Likumahuwa. Beberapa nama yang terlibat dalam proyek sosial ini antara lain Rejoz The Groove, Nicky Manuputty, Angga Maliq and D Essentials, Guntur Simbolon, Matthew Sayerz dan JFlow.


DISKOGRAFI

GLENN (1998)
KEMBALI (2000)
SELAMAT PAGI, DUNIA (2003)
SELAMAT PAGI, DUNIA - Repackage (2004)
OST CINTA SILVER (2005)
AKU DAN WANITA (2006)
TERANG (2006)
HAPPY SUNDAY (2007)
PRIVATE COLLECTION (2008)
LOVEVOLUTION (2010)

Baca Profil Lengkap Glenn Fredly ▼



Show More ▼