PERSONAL
Kahitna adalah grup musik asal Bandung, Jawa Barat yang dibentuk pada 24 Juni 1996, dimotori oleh musisi Yovie Widianto yang sekaligus pemegang keyboard. Dengan aransemen musik yang cantik, Kahitna berhasil menggabungkan unsur jazz, pop, fussion dan etnik yang memikat hati para Soulmate, sebutan untuk fans Kahitna. Nama Kahitna sendiri berasal dari bahasa Philipina, yang berarti 'meskipun demikian', namun akhirnya dipelesetkan menjadi bahasa Sunda 'Ka' dan 'Na' yang merupakan awalan dan akhiran. Sehingga ketika disatukan artinya menjadi 'yang paling hits'.

Personelnya terdiri atas Yovie Widianto (piano, keyboard), Mario Ginanjar (vokalis), Hedi Yunus (vokalis), Carlo Saba (vokalis), Dody Isnaini (bass), Harry Suhardiman (perkusi), D. Bambang Purwono (keyboard), Budiana Nugraha (drum) dan Andrie Bayuaji (gitar). Selain ada satu orang personil yang sempat tergabung dalam Kahitna, namun akhirnya keluar dan meniti karir sendiri, yaitu Ronny Waluya.

KARIR
Sejarah berdirinya Kahitna berawal dari tahun 1983, ketika sang piooner, Yovie Widianto membentuk band yang bernama Coops Rhythm Section. Sebagian besar anggota band tersebut menjadi Indonesia 6, Ruth Sahanaya dan Kahitna. Karena perbedaan idealisme, Yovie Widianto melepaskan diri dari Coops Rhythm Section dan membentuk KAHITNA. Pada awal terbentuknya, vokalis Kahitna adalah Tri Utami, yang kini tetap eksis dengan bernyanyi solo. Namun, pada perkembangannya, Kahitna mengalami pergantian personil sehingga terbentuklah formasi seperti sekarang.

Dalam bermusik Kahitna banyak mengusung tema cinta dengan memadukan unsur musik jazz, pop, fusion, latin dan bahkan etnik. Album yang pernah dirilisnya di antaranya, CERITA CINTA (1994), CANTIK (1996), SAMPAI NANTI (1998), PERMAISURIKU (2000), THE BEST OF KAHITNA (kompilasi, 2002), CINTA SUDAH LEWAT (2003) dan SOULMATE (2006).

Kekuatan musik Kahitna terletak dalam lirik yang sederhana dan musik yang easy listening, membuat band yang pernah menjuarai Festival Band Explosion (Light Music Contest) di Tokyo, Jepang pada 1991 silam, tak sulit mendapat tempat di belantika musik tanah air. Hal ini terbukti dengan lagu-lagu Kahitna yang selalu jadi hit, seperti Permaisuri, Engga Ngerti, Cantik, Cerita Cinta, Setahun Kemarin, Tak Sebebas Merpati, Seandainya Aku Bisa Terbang, dan Masihkah Ada Diriku.

Gaung Kahitna di panggung musik yang sudah jarang terdengar lagi, akhirnya di awal 2010 kembali terdengar. Menandai kembalinya Kahitna ke belantika musik tanah air, Yovie dkk merilis album baru, LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK. Dengan single jagoan Untukku yang pernah dilantunkan almarhum Chrisye, album terbaru ini memberikan sentuhan lain, yakni mengusung musik jazz sebagai dasar musiknya.

DISKOGRAFI
1. "CERITA CINTA" (1994)
2. "KAHITNA II" (1997)
3. "CANTIK" (1996)
3. "SAMPAI NANTI" (1998)
4. "PERMAISURIKU" (2000)
5. "THE BEST OF KAHITNA" (2002)
6. "CINTA SUDAH LEWAT" (2003)
7. "SOULMATE" (2006)
8. "LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK" (2010)

Baca Profil Lengkap Kahitna ▼



Show More ▼