BIOGRAFI

Nama Ruhut Sitompul dikenal luas oleh pemirsa televisi terutama lewat perannya di sinetron GERHANA yang tayang pada tahun 1998 hingga 2003 silam. Selain sinetron ia juga pernah membintangi film di antaranya SAJADAH KA"BAH dan GET MARRIED 2.

 

Keterlibatan Ruhut dalam sinetron Gerhana yang melejitkan namanya berawal dari ketidaksengajaan. Ia adalah pengacara dari StarVision, dan sempat membaca skenario sinetron tersebut. Ruhut kemudian ikut berperan dalam GERHANA dan menjadi sosok Poltak, Raja Minyak dari Tarutung, Medan. Karakternya pun banyak menyita perhatian masyarakat dan ia terus bermain dalam GERHANA.

 

Selain sinetron GERHANA, Ruhut juga pernah membintangi sinetron ANAK IBUKU, TAMAN MERTUA INDAH dan JAMES BONO. Ia juga kerap jadi bintang tamu dalam berbagai program komedi seperti NGELABA, ASEP SHOW hingga KETOPRAK HUMOR.

 

Meski penampilannya dalam berbagai program tersebut cukup kocak, Ruhut sebenarnya adalah seorang ahli hukum dan berkembang menjadi politikus ternama. Ruhut lahir di Medan, pada tanggal 24 Maret 1954 dan pernah menjalani study di Fakultas Hukum Universitas Padjadajaran, Bandung serta lulus pada tahun 1979.

 

Karirnya sebagai pengacara meroket saat Ruhut menjadi penasehat Akbar Tanjung yang kala itu menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Sementara karir politiknya juga berawal dari Golkar, di mana ia bergabung dengan partai berlambang pohon beringin tersebut pada tahun 1983.

 

Namanya di dunia politik semakin menanjak pada tahun 2004, ketika ia memutuskan bergabung dengan Partai Demokrat. Kemampuannya berbicara membuat Ruhut menduduki posisi yang cukup strategis di Partai Demokrat.

 

PENDIDIKAN
Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung, 1979

KARIR 
Advokat (Penasihat Hukum)
Law Office Ruhut Sitompul & Associates, 1993-sekarang 
"JPRT" Associates, 1988-1993
Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika Partai Demokrat (PD)

 

 

DISKOGRAFI

 

Film
Get Married 2 (2009)
Sajadah Ka'bah (2011)

 

Sinetron
Gerhana (1998-2003)
Anak Ibuku
Taman Mertua Indah
James Bono

 

 

 

 

Baca Profil Lengkap Ruhut Sitompul ▼



Show More ▼