Aaron F. Spelling lahir di Dallas, Texas, 22 April 1923 dan meninggal pada 23 Juni 2006. Selama hayatnya Aaron dikenal sebagai produser program televisi yang telah mengorbitkan sejumlah bintang, termasuk anaknya sendiri aktris Tori Spelling.

Aaron F. Spelling adalah ayah dari aktris Victoria Davey Spelling (Tori Spelling) dan Randall Gene Spelling (Randy Spelling) yang merupakan istri kedua Carol Jean Marer (Candy Spelling).

Spelling pertama kali menjual script naskahnya pada Jane Wyman Theater pada 1954. Kemudian menyusul tulisannya untuk acara DICK POWELL, PLAYHOUSE 90 dan LAST MAN. Bahkan pada masa itu Aaron juga membintangi sejumlah serial TV.

Serial TV sukses pertamanya adalah THE MOD SQUAD, yag dibintangi Michael Cole dan Clarence Williams III. Serial yang diputar di stasiun ABC itu, diproduksi 123 episode diputar antara 1968-1973.

Selama 1957 hingga 1974 tercatat 14 serial TV yang diproduserinya sukses di layar kaca, serial tersebut di antaranya THE ROOKIES, CHARLIE'S ANGELS, THE BOY IN THE PLASTIC BUBBLE, THE CONCHITA VASQUEZ STORY dan WAGON TRAIN. Selama hidupnya Spelling telah memproduksi 200 serial TV, termasuk yang terpopuler adalah BEVERLY HILLS 90210, THE ROOKIES, CHARLIE'S ANGELS, THE LOVE BOAT, FANTASY ISLAND, VEGA$, HART TO HART, DYNASTY, HONEY WEST, TITANS dan S.W.A.T..

Spellingmeninggal pada usia 83 tahun pada 23 Juni 2006 akibat stroke berat yang dideritanya. Sebelumnya, pada tahun 2001, dia juga divonis menderita kanker mulut. Walaupun sudah tiada, namun namanya masih dikenang melalui karya-karyanya.




Komentar