Alex Morgan (lahir di San Dimas, California, Amerika Serikat, 2 Juli 1989; umur 32 tahun) adalah seorang pemain sepak bola yang bermain sebagai penyerang pada tim nasional sepak bola wanita Amerika Serikat. Morgan merupakan salah satu kapten timnas sepak bola wanita AS sejak 2018 bersama dengan Carli Lloyd dan Megan Rapinoe. Ia kini juga bermain di klub Orlando Pride di divisi utama sepak bola wanita Amerika Serikat, National Women's Soccer League (NWSL).

Morgan telah tampil bersama dengan timnas AS di tiga Piala Dunia. Ia menjadi pemain termuda di skuad timnas AS pada Piala Dunia 2011 dan mencetak gol Piala Dunia pertamanya pada babak semifinal melawan Perancis. Sebagai salah satu kapten tim pada Piala Dunia 2019, Morgan berhasil mencetak enam gol untuk AS, lima di antaranya adalah pada pertandingan babak penyisihan antara AS melawan Thailand.

Di luar lapangan, Morgan bekerja sama dengan Simon & Schuster untuk menulis seri buku kelas menengah tentang empat pemain sepak bola yang berjudul The Kicks. Buku pertama dalam seri tersebut yang berjudul Saving the Team, memulai debutnya di nomor tujuh dalam daftar The New York Times Best Seller pada Mei 2013. Selain itu, ia juga terlibat dalam sebuah film yang dibintanginya berjudul ALEX & ME, dirilis pada Juni 2018.

Pada 2015, Morgan diberi peringkat oleh Time sebagai pemain sepak bola wanita Amerika dengan bayaran tertinggi, sebagian besar karena banyak kesepakatan dukungannya. Morgan, bersama dengan Christine Sinclair dari Kanada dan Steph Catley dari Australia, menjadi pemain sepak bola wanita pertama yang muncul di sampul video game FIFA pada 2015. Morgan juga muncul bersama Lionel Messi di sampul FIFA 16 yang dijual di Amerika Serikat. Dia dinobatkan sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh tahun 2019.





Komentar