PERSONAL
Alicia Keys yang memiliki nama lahir Alicia Augello Cook terlahir di Manhattan, New York, pada tanggal 25 Januari 1981. Penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat yang pandai memainkan piano ini, mengawali menulis lagu sejak usia remaja, debut albumnya, Butterflyz, adalah hasil karyanya sendiri ketika masih berusia 14 tahun.

KARIR
Debut albumnya, SONGS IN A MINOR mendulang sukses dan terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia. Ini menjadikan dirinya sebagai artis R&B pendatang baru dengan penjualan terbaik pada tahun 2001. Menyusul kemuadian album keduanya, DIARY OF ALICIA KEYS yang dirilis pada tahun 2003. Album ini pun mengikuti sukses album pertamanya, dengan penjualan mencapai 8 juta kopi di seluruh dunia.

Setelah itu, ia merilis album live, UNPLUGGED yang menduduki peringkat pertama di Amerika. Dia menjadi wanita pertama yang memiliki album MTV Unplugged yang menjadi nomor satu dan tertinggi setelah Nirvana pada tahun 1994.

Kesuksesan karyanya dapat dilihat penghargaan yang pernah diraihnya, yakni berupa sembilan Grammy Awards, 11 kali penghargaan Billboard Music Awards, dan tiga kali untuk American Music Awards.

Pelantun lagu Dah Dee Dah (Sexy Thing) yang juga sountrack film MAN IN BLACK (1997) itu, juga dikenal sebagai aktifis sosial yang banyak melakukan aktifitas yang membantu korban AIDS dan kemiskinan di negara-negara dunia ketiga, di antaranya dilakukan bersama personel grup musik U2, Bono.

DISKOGRAFI
SONGS IN A MINOR (2001)
THE DIARY OF ALICIA KEYS (2003)
AS I AM (2007)
THE ELEMENT OF FREEDOM (2009)


Live albums
UNPLUGGED (2005)

Baca Profil Lengkap Alicia Keys ▼



Show More ▼