PERSONAL

Ana Popovic lahir di Belgrade, 13 Mei 1976. Putri pertama dari Milutin dan Vesna Popovic ini adalah seorang gitaris blues kenamaan. Ana lahir dan dibesarkan dalam atmosfer musik yang kental di keluarganya. Ayahnya adalah seorang gitaris dan pemain bass dan sering mengundang teman-temannya untuk bermain musik di rumah.

KARIR

Perjalanan karir musik Ana dimulai pada umur 19 tahun. Saat itu Ana membentuk sebuah band dan dia menjadi pemain gitarnya. Dalam waktu setahun, Ana dan bandnya telah tampil di luar Yugoslavia dan pernah bermain dalam acara pembukaan konser penyayi ternama blues America, Junior Wells. Di tahun 1998, bandnya telah mengadakan 100 kali pertunjukan dan sering tampil dalam acara TV di Yugoslavia.
Debut album Ana adalah Hometown yang berisikan penampilannya sebagai penyanyi sekaligus gitaris. Nama Ana semakin melambung setelah memperdalam keahlian gitarnya di Belanda dan merilis album pertamanya yang sukses besar, Hush! di tahun 2001. Album Ana yang berikutnya, Comfort to the Soul, dirilis tahun 2003.Di tahun 2005, Ana juga meluncurkan album livenya yang berjudul ANA! Live in Amsterdam. Berbagai penghargaan yang berhasil diraih oleh Ana antara lain 3 kali nominasi Best Singer, Best Guitarist, dan Best Album di French Blues Award, serta pemenang dalam penghargaan Jazz á Juan Revelation di Prancis.

DISKOGRAFI:

2000: Hush!
2003: Comfort To The Soul
2007: Still making History
2009: Blind For Love

Oleh: Anisa Nurhayati




Komentar