Personal
Andra yang bernama lengkap Andra Junaidi dilahirkan pada tanggal 17 Juni 1972 sebagai anak bungsu dari enam bersaudara hasil pernikahan pasangan A. Ramadhan dan S.M. Fadilah. Andra adalah musisi grup Dewa 19 dan juga personel grup musik Andra and The BackBone.

Andra tercatat sebagai pendiri Dewa 19 dan sejak awal terlibat dalam grup musik asal Surabaya itu. Selain itu, dia juga memiliki peran peran penting sebagai pendiri grup band trio, Andra and The BackBone. Kedua grup band tersebut berada di bawah Republik Cinta Management milik pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani.

Perjalanan karir Andra dalam bermusik sempat mendapat tentangan dari kedua orang tuanya, saat Andra lebih memilih karir bermusiknya ketimbang kuliahnya di Desain Interior. Sebagaimana orang tua pada umumnya, mereka ingin melihat anaknya sukses lulus kuliah seperti kelima kakaknya. Namun akhirnya mereka bisa menerima pilihan Andra dan akhirnya terbukti bahwa pilihan Andra saat itu tidak salah. Kreativitasnya terbukti lebih berkembang di dunia musik.

Pada tahun 1999 Andra menikah dengan seorang wanita bernama Ismulia Permatasari. Sampai saat ini mereka sudah dikaruniai seorang putri yaitu Yasmeen Fadilah dan seorang putra yang diberi nama Timur Zavier.


Karir
Andra mengaku terlambat mengenal musik, karena dia baru mengenal musik ketika mengikuti sebuah ekstrakurikuler di SMP tempatnya belajar. Pertama kali mengenal musik, sempat terpikir di kepala Andra untuk menjadi seorang drummer. Namun niat tersebut kemudian bergeser karena selain tersendat masalah mahalnya perangkat drum, dia juga terpengaruh oleh teman-temannya yang terlihat asyik memetik gitar. Bermodalkan gitar pinjaman, Andra kemudian mulai mencoba bermain gitar. Setelah beberapa belajar, ternyata kemampuannya berkembang sangat pesat.

SMP 6 tempat Andra menuntut ilmu memang tidak sekedar membentuknya menjadi pemain gitar yang luar biasa. Di tempat ini pula Andra bertemu dengan Dhani, Wawan, dan Erwin. Bersama-sama mereka kemudian sepakat membentuk band bernama Dewa. Aliran rock yang pertama mereka geluti akhirnya pindah ke jazz akibat pengaruh Erwin.

Dalam band Dewa, Andra menjadi salah satu motor dan pendiri yang turut membesarkan nama Dewa. Andra adalah satu-satunyanya orang selain Dhani sendiri yang dari awal setia bergabung dengan Dewa sampai sekarang. Karenanya, kontribusinya terhadap Dewa tak perlu diragukan lagi.

Namun demikian, sebenarnya dari dulu Andra menyimpan keinginan membuat album solo sendiri. Untuk mewujudkannya, sedikit demi sedikit dia mengumpulkan lagu-lagu yang diciptakannya sendiri untuk project album solonya. Tapi karena jadwal Dewa 19 yang sangat padat dan memang orientasi pertama adalah untuk band kesayangannya itu maka album solonya sedikit tertunda.

Sampai pada tahun 2006 saat jadwal Dewa 19 tidak terlalu padat akhirnya Andra mulai serius membuat Album solonya itu. Karena ditahun-tahun sebelumnya Andra bertemu dengan Stevie Morley Item yang kala itu adalah additional player Dewa 19 dan merasa cocok dengan gaya permainan Stevie, jauh-jauh hari Andra sudah pernah menawarkan kepada Stevie untuk ikut bergabung dalam project tersebut. Mereka berdua seperti mempunyai misi dan visi yang sama dalam hal bermusik.

Di tahun yang sama Andra dan Stevie bertemu Dedy Lisan yang menurut mereka cukup cocok membawakan lagu-lagu ciptaan Andra. Setelah mereka membuat demo dan menyerahkan ke label rekaman, dengan jalan yang bisa dibilang cukup mulus, akhirnya mereka berhasil menelorkan album pertama mereka berjudul ANDRA & THE BACKBONE.

Dengan keluarnya album tersebut bukan berarti Andra tidak setia lagi dengan band terdahulunya. Justru hal ini yang tetap mempererat hubungannya dengan Dhani dan Dewa 19 itu sendiri. Selain dapat restu dan persetujuan dari Dhani juga karena Dewa 19 tetap merupakan prioritas utama dan Andra dan The Backbone sebagai selingan dan mainan barunya.

Album pertama mereka ternyata dapat diterima dengan baik oleh pasar. Lagu-lagu di dalamnya ternyata dapat mewakili keinginan pasar dalam hal bermusik. Akhirnya, setelah itu, Andra and The Backbone juga telah meluncurkan beberapa album lagi, antara lain SEASON 2 (2008) dan LOVE, FAITH & HOPE (2010).


Diskografi
Album bersama Andra and The Backbone
* ANDRA AND THE BACKBONE (2007)
* SEASON 2 (2008)
* LOVE, FAITH & HOPE (2010)

Baca Profil Lengkap Andra ▼



Show More ▼