Anthony Hopkins atau lengkapnya Sir Philip Anthony Hopkins, lahir di Margam, nr. Port Talbot, West Glamorgan, Wales, Inggris, 31 Desember 1937. Karirnya sebagai selebritis diawali lewat panggung teater, yang kemudian meluas sebagai aktor film dan sutradara.

Akting terkenalnya saat memerankan Hannibal Lecter dalam serial THE SILENCE OF THE LAMBS (1991) yang kemudian mengantarkan dirinya meraih Academy Award untuk Best Actor. Sukses film horor tersebut sekaligus mengantarkan dirinya memerankan karakter yang sama dalam dua film berbeda, yaitu HANNIBAL (2001) dan RED DRAGON (2002).

Sementara film sukses Hopkins yang lain di antaranya, perannya sebagai Lt. Col. John Frost dalam film A BRIDGE TOO FAR (1977), yang pembuatannya juga didasarkan pada buku dengan judul yang sama. Kemudian perannya sebagai Richard Nixon dalam film NIXON (1995), sebagai John Quincy Adams dalam AMISTAD dan perannya sebagai Abraham Van Helsing dalam film BRAM STOKER'S DRACULA.

Dari keprofesionalannya dalam bekerja, pria yang pernah mendukung film THE MASK OF ZORRO itu, berhasil meraih Academy Awards untuk best aktris, Emmy Awards lewat THE LINDBERGH KIDNAPPING CASE (1976) dan THE BUNKER (1981), BAFTA Awards lewat tiga film masing-masing WAR AND PEACE (1973), THE SILENCE OF THE LAMBS (1991) dan SHADOWLANDS (1993). Ia juga pernah meraih Lifetime Achievement Golden Globe Awards.

Terkait persoalan pribadinya, Hopkins pernah menikah dengan beberapa perempuan, di antaranya Petronella Barker (1967-1972), Jennifer Lynton (1973) dan Stella Arroyave (2003). Ia juga pernah menjalin hubungan asmara dengan Joyce Ingalls, namun tidak sampai ke pelaminan.


Komentar