PERSONAL
Band metal asal Brighton, Inggris yang terbentuk tahun 2004 ini beranggotakan 4 orang yaitu Sam Carter (vokal), Dan Searle (drummer), Tom Searle (guitarist, keyboardist) dan Alex Dean (bass). Sebelum menggunakan nama Architects, band ini sempat beberapa kali berganti nama seperti  Inharmonic dan Counting the Days.

 

KARIR
Terbentuk pada tahun 2004, saat itu masing-masing personilnya masih bergabung dalam band lain. Tahun 2006, mereka merilis album perdananya berjudul NIGHTMARES. Pada bulan Januari 2007 setelah tur panjang keliling dunia dan tampil sebagai band pembuka konser SikTh dan Dead Man in Reno, vokalis Architects saat itu, Matt Johnson, memutuskan keluar dari band. Sepeninggal Johnson, Sam Carter didapuk menjadi vokalis dan kemudian mereka merilis album keduanya yang berjudul RUINpada 26 Juni 2007.

 

Tahun 2008 mereka merilis SPLIT EP dengan band Inggris lainnya Dead Swans. Dalam album ini Architects menyumbang dua lagu berjudul We're All Alone dan Broken Clocks. Di tahun yang sama, Architects mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan Century Media Records untuk perilisan 3 album berikutnya. Pengumuman ini juga ditandai dengan perilisan ulang album RUIN dengan bonus tambahan lagu Broken Clocks.

 

Tahun 2009, mereka merilis algum ketiganya berjudul HOLLOW CROWN. Untuk promosi album ini, Architects bersama Parkway Drive, band metal asal Australia dan August Burns tampil dalam sebuah film dokumenter berjudul Parkway Drive: The DVD Tour. Pada 19 Januari 2011 Architects merilis album keempatnya berjudul THE HERE AND NOW. Album ini berhasil terjual sebanyak 900 keping di Amerika Serikat pada seminggu pertama setelah dirilis.

 

Februari 2011, sang bassis Alex Dean sempat menyatakan pengunduran dirinya karena alasan keluarga namun pada 3 Juli 2011 ia memutuskan untuk kembali bergabung bersama Architects. Pada bulan Desember 2011 mereka merilis single terbarunya berjudul Devil's Island. Lagu ini dirilis pada awal November, sebulan sebelum jadwal rilis resminya beredar. Tahun 2012, mereka merilis album kelimanya berjudul DAYBREAKER. Setelah rekaman selesai, pada tanggal 16 April 2011 sang gitaris Tim Hillier Brook memutuskan untuk keluar dari Architects. Selama tur, posisinya digantikan oleh Josh Middleton, pentolan band metal Sylosis.  

 

Pada tanggal 15 September 2012, mereka dijadwalkan untuk menjumpai penggemar mereka di Indonesia. Rencananya, Architects akan menggelar 2 pertunjukan, yaitu pada 15 September di Vicky Sianipar Jakarta dan 16 September di Katulebo Bar, Bali.

 

DISKOGRAFI
NIGHTMARES (2006)
RUIN (2007)
HOLLOW CROWN (2009)
THE HERE AND NOW (2011)
DAYBREAKER (2012)

 





Komentar