PERSONAL
Ari Bernardus Lasso, atau lebih dikenal dengan nama Ari Lasso lahir di Madiun, Jawa Timur, pada tanggal 17 Januari 1973. Ia dikenal sebagai seorang penyanyi pop Indonesia yang pernah menjadi vokalis grup band Dewa 19 (1991-1999). Anak dari pasangan Bartholomeus B. Lasso dan Sri Noerhida ini akhirnya keluar dari Dewa 19 dan menjalani karier sebagai penyanyi solo.

KARIR
Saat remaja Ari sekolah di SMA 2 Surabaya, bersama kawannya Juniarso yang menjadi drummer pertama Dewa 19 dan Piyu yang kelak menjadi gitaris Padi, membentuk sebuah band bernama Outsider Band. Sejak pertemuannya dengan personel Down Beat yang terdiri Dhani, Erwin dan Andra, ia merasa cocok sehingga mulai bermain musik bareng. Pertemanan mereka kemudian berlanjut dengan pembentukan band Dewa 19.

Melalui perjuangan panjang, akhirnya Dewa 19 berhasil masuk ke dapur rekaman. Album debut Dewa 19, KANGEN, kemudian berhasil menjadi album terlaris versi BASF (1993). Berlanjut makin hari Dewa 19 makin populer, sehingga nama Ari Lasso pun turut meroket.

Tetapi tampaknya Ari belum siap menjadi penyanyi terkenal sehingga terjerumus dalam narkoba. Keterlibatannya dengan narkoba sejak album ketiga akhirnya tidak bisa ditoleransi Dhani dan personel Dewa 19 lainnya. Puncaknya perpecahan dengan dipecatnya Erwin, Wong Aksan dan akhirnya Ari dari Dewa 19.

Semangat timbul dari diri Ari untuk berusaha keluar dari pengaruh obat-obatan dan membersihkan diri. Sejak berhasil bebas itulah, karir solo Ari melejit dan berhasil menempatkan dirinya ke jajaran musisi papan atas Indonesia. Ari kemudian merilis album SENDIRI DULU (2001).

Hubungannya dengan Dhani yang sempat tegang pun cair. Malah Dhani rela menyumbangkan dua lagunya Rahasia Perempuan dan Jika Aku Bukanlah Aku ke dalam album solo kedua Ari yang bertajuk KESEIMBANGAN (2003), yang berbuah respon baik dari penikmat musik Indonesia.

Pada tahun 2004, Ari kembali meluncurkan album solonya, dengan titel KULIHAT, KUDENGAR, KURASA. Album ketiga ini menjagokan hit single Mengejar Matahari dan Arti Cinta juga sebagai soundtrack dari film MENGEJAR MATAHARI.

Kembali, pemilik nama asli Ari Bernardus Lasso ini merilis album keempatnya pada tahun 2006. Album dengan titel SELALU ADA menjagokan lagu Cinta Terakhir. Pemilik zodiak Capricorn ini merilis album THE BEST OF pada 2007. Di album ini, Ari menggaet penyanyi Bunga Citra Lestari untuk berduet di lagu Aku dan Dirimu.

Tahun 2009, Ari divonis dokter jika pita suaranya cepat rusak. Oleh karenanya Ari melakukan antisipasi dengan puasa bicara. Pita suara Ari cepat rusak bukan saat bernyanyi melainkan saat berbicara. Ari juga terpaksa 'istirahat' sejenak dari jadwal manggung selama 4 bulan.

DISKOGRAFI
Bersama Dewa 19
DEWA 19 (1992)
FORMAT MASA DEPAN (1994)
TERBAIK TERBAIK (1995)
PANDAWA LIMA (1997)
THE BEST OF DEWA 19 (1999)


Album Solo
SENDIRI DULU (2001)
KESEIMBANGAN (2003)
KULIHAT, KUDENGAR, KURASA (2004)
SELALU ADA (2006)
THE BEST OF (2007)
PENGASIHMU (2009)
I HAVE A DREAM (2010)

Baca Profil Lengkap Ari Lasso ▼



Show More ▼