Edda Kathleen van Heemstra Hepburn-Rusten, demikian nama legkapnya, namun ia lebih populer dengan nama Audrey Hepburn. Perempuan kelahiran Brussels, Belgia, 4 Mei 1929 itu, dikenal sebagai aktris, bintang model dan aktivis kemanusiaan.

Tumbuh di bawah hukum kekuasaan pemerintahan Nazi di Arnhem, Netherlands selama Perang Dunia II, Hepburn mencoba tetap eksis sebagai seorang ballerina, sebelum kemudian menjadi seorang aktris.

Akting terkenalnya pertama kali ditunjukan dalam pertunjukan theater bertajuk GIGI (1951). Dua tahun kemudian, lewat film ROMAN HOLIDAY (1953), dimana ia berperan sebagai Putri Ann, mengantarkan dirinya meraih Best Actress Academy Awards. Selain itu, selama 1950-1960 Hepburn juga terhitung lebih dari empat kali masuk nominasi Academy Award, lewat film SABRINA, THE NUN'S STORY, BREAKFAST AT TIFFANY'S dan WAIT UNTIL DARK.

Selain penghargaan di atas, Hepburn dalam perjalanan hidupnya juga telah mendapatkan banyak penghargaan dari Emmy Awards, Tony Awards, Golden Globe Awards, BAFTA Awards dan Grammy Awards. Termasuk penghargaan 'anumertanya' The Jean Hersholt Humanitarian Award (1993) yang dikeluarkan Oscar atas jasanya dalam bidang kemanusiaan.

Dari tahun 1988 hingga kematiannya pada 20 Januari 1993, Hepburn mengabdikan diri sebagai duta Unicef, yang kemudian menggugah panitia the Presidential Medal of Freedom memberikan pengargaan atas pengabdiannya tersebut.




Komentar