Personal
Blur adalah band alternative rock/britrock berasal dari negeri Ratu Elizabeth, Inggris. Blur terbentuk di London pada tahun 1988. Blur yang pada awal terbentuknya bernama Seymour ini sempat vakum pada medio 2003 silam. Mereka memutuskan untuk kembali bersama pada tahun 2008 dan berjalan hingga sekarang.

Kisah mereka berawal ketika Damon Albam dan Graham Coxon, yang berteman sejak kecil, bertemu dengan Alex James. Pertemuan mereka berawal ketika mereka bertiga dipertemukan dalam satu kampus, Goldsmiths College, di tahun 1988. Saat itu Albam telah berada di dalam band bernama Circus. Circus meminta Coxon untuk mengisi posisi gitar di band mereka yang ditinggalkan oleh gitaris lamanya.

Pada bulan desember di tahun itu, Circus memecat dua personilnya dan mengajak Alex James bergabung sebagai bassist. Sejak saat itu mereka menamakan kelompok musik mereka Seymour. Band ini tampil pertama kali di musim panas tahun 1989.

Karir
Pada bulan November 1989, perwakilan Food Records A&R, Andy Ross, menonton penampilan Seymour dan menawarkan mereka untuk bergabung dengan label mereka. Pihak label merasa tidak cocok dengan nama band mereka. Akhirnya pada bulan Maret 1990 mereka resmi menandatangani kontrak dengan  Food Records dengan nama Blur.

Alih-alih menggarap album debut, Blur malah berkesempatan untuk tur Inggris pertama kali medio Maret-Juli 1990. Mereka menjadi band pembuka band The Cramps dan mencoba mempromosikan beberapa lagu milik mereka. Seusai tur mereka merilis single debut mereka She's So High. Single tersebut menempati urutan 48 pada U.K. Singles Chart. Setelah itu mereka bekerja sama dengan produser Stephen Street. Hasilnya single mereka, There's No other Way, menjadi hits. Single ini meraih urutan kedelapan.

Debut album mereka lahir di tahun 1991. Album yang berjudul Leisure ini berhasil menembus posisi ke 7 U.K. Album Chart. Tur pertama kali blur ke negeri paman sam dimulai pada tahun 1992. Mereka merilis single Popscene sebagai modal perjalanan mereka.

Tur Amerika mereka tidak berjalan mulus. Setelah dua bulan mereka merasa tidak bahagia dan frustasi. Konflik ini semakin mengarah ke arah konfrontasi fisik. Albarn pun sempat mengungkapkan bahwa dirinya mulai merindukan Inggris dan ingin segera kembali menulis lagu tentang Inggris. Sekembalinya dari Amerika mereka malah dihadapkan dengan suatu masalah. Inggris punya bintang baru saat itu. Suede! Hal ini membuat Blur sedikit disisihkan.

Album kedua yang telah mereka rampungkan di akhir tahun 1992 pun tidak terlalu istimewa. Pihak label berasumsi bahwa album kedua Blur, Modern Life Rubbish, membutuhkan hit single yang dapat 'meledak'. Food Records meminta mereka untuk mengulangi proses rekaman untuk mendapatkan track yang berkualitas. Pada akhirnya Albarn menulis lagu For Tomorrow. Lagu tersebut menjadi headline di album kedua mereka tersebut.

Pada tahun 1996 Blur mulai dirundung masalah internal. Coxon mulai membenci teman-temanya. Ia tidak suka dengan sifat playboy James dan perlakuan Albran yang terlalu sok mengontrol band di depan media. Enam tahun berselang Blur akhirnya memutuskan untuk vakum.

Tak bisa dipungkiri tampaknya mereka kangen juga satu sama lain. Di bulan Desember tahun 2008 mereka memutuskan untuk reuni. Konser pertama reuni mereka berlangsung di London's Hyde Park bulan Juli 2009. Band asal Inggris ini juga berencana menggelar konsernya di Indonesia pada 15 Mei 2013.

Diskografi
Leisure (1991)
Modern Life Is Rubbish (1993)
Parklife (1994)
The Great Escape (1995)
Blur (1997)
13 (1999)
Think Tank (2003)

 

Baca Profil Lengkap Blur ▼



Show More ▼