Brad Bird atau Phillip Bradley Bird adalah sutradara asal Amerika yang lahir pada tanggal 24 September 1957. Ia juga menjadi pengisi suara, animator, dan penulis naskah untuk film-film besar Hollywood. Dua karyanya yang dikenal adalah film THE INCREDIBLE dan RATATOUILLE.

Brad lahir di Kalispell, Montana. Ia adalah bungsu dari 4 bersaudara dari pasangan Marjorie dan Philip Cullen Bird. Dalam sebuah tur ke studio Walt Disney ketika ia masih berusia 11 tahun, ia mengungkapkan impiannya untuk menjadi bagian dari Disney suatu saat nanti. Dan dalam dua tahun saja, ia sukses memukau perusahaan animasi tersebut dengan film animasi pendeknya.

Di usianya yang ke-14, saat ia masih duduk di bangku SMP, ia mendapatkan bimbingan langsung dari Milt Kahl, salah satu dari Sembilan pria legendaris Disney. Ia lantas mendapat beasiswa dari Disney untuk bersekolah di California Institute of the Arts. Di sana ia bertemu dan berteman dengan animator masa depan Disney, dan juga pendiri Pixar, John Lasseter. Lulus dari tempat tersebut, ia bekerja untuk Disney. Ia tak lama bekerja di studio tersebut, ia keluar setelah mengerjakan animasi THE FOX AND THE HOUND di tahun 1981.

Bulan Mei tahun lalu, Brad dipercaya untuk menjadi sutradara MISSION: IMPOSSIBLE - GHOST PROTOCOL, film non animasi petamanya. Tom Cruise sendiri yang merekomendasikannya kepada produser JJ Abrams. Ia dihubungi sendiri oleh JJ Abrams lewat sms tengah malam yang berisi satu kata, "Mission?"

Keempat film yang disutradarainya mendapat respon positif dari dunia, terutama untuk film animasi garapannya (Meskipun MISSION IMPOSSIBLE juga mendapat respon baik) dengan nilai rata-rata 86 dari setiap filmnya. Hal tersebut membuat dirinya menjadi animator, pembuat film yang paling ditunggu.

All four of the films that Brad Bird has directed have been released to universal acclaim (or in the case of The Iron Giant, grown in popularity with time). According to review aggregation website Metacritic, the first three have received a rare "universal acclaim" rating (with Mission Impossible only reached "Generally favorable"), tallying together to give Brad Bird an average score of 86 out of 100 per film, making him one of the most acclaimed living filmmakers, animated or otherwise.[1]

PENYUTRADARAAN
1987 FAMILY DOG
1990 DO THE BARTMAN (Video musik)
1999 THE IRON GIANT
2004 THE INCREDIBLES
2005 JACK-JACK ATTACK
2007 RATATOUILLE
2011 MISSION: IMPOSSIBLE - GHOST PROTOCOL

PENULIS NASKAH
1987 FAMILY DOG, BATTERIES NOT INCLUDED
1999 THE IRON GIANT
2004 THE INCREDIBLES
2005 JACK-JACK ATTACK
2007 RATATOUILLE

AKTING
2004 THE INCREDIBLES (suara dari Edna Mode)
2005 ASSASSINATION VACATION (suara dari Charles Guiteau dan Emma Goldman)
2007 RATATOUILLE (Suara dari Ambrister Minion)




Komentar