Chow Yun-Fat yang lahir di Pulau Lamma, Hong Kong, China, 18 Mei 1955, dikenal sebagai seorang aktor film berbakat. Chow menjadi salah satu bintang Hong Kong yang telah mendunia, menyusul sukses rekan-rekannya, Bruce Lee, Jackie Chan, Jet Li, Zhang Ziyi dan Michelle Yeoh. Namun, berbeda dengan mereka, Chow bukanlah seorang aktor bela-diri.

Pria yang pernah tiga kali memenangkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik Hong Kong dan dua kali menjadi Aktor Terbaik Taiwan itu, mengawali debut lewat film serial THE (SHANGHAI) BUND (1980). Serial TV ini menceritakan tentang berkuasa dan jatuhnya gangster Shanghai pada 1930-an yang membuat Chow Yun Fat sebagai superstar.

Akting sukses lainnya, seperti perannya sebagai Mark Lee dalam film A BETTER TOMORROW (1986), sebagai Ko Chow dalm film CITY ON FIRE (1987), sebagai Ah Long Yeung dalam film ALL ABOUT AH LONG (1989), sebagai Li Mu Bai dalam CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON (2000), sebagai Emperor Ping dalam CURSE OF THE GOLDEN FLOWER (2006) dan terbaru peranna sebagai Captain Sao Feng dalam film PIRATES OF THE CARIBBEAN: AT WORLD'S END (2007).

Terkait kehidupan asmaranya, Chow telah menikah dua kali, istri pertamanya adalah perempuan bernama Candice Yu. Namun pernikahan mereka hanya berusia enam bulan dan bercerai pada 1983. Ia kemudian menikah dengan seorang manajer perusahaan, Jasmine Chow, yang dinikahinya pada 1986.


Komentar