in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Jirayut Tersenggol dari Panggung DAA4, Peserta dan Komentator Ikut Bersedih

Minggu, 16 Desember 2018 19:16 Penulis: Gogor Subyakto

Jirayut. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Zam Ryzam (Malaysia), Rara (Indonesia), Jamila (Indonesia), Jirayut (Thailand) dan Nabila (Indonesia) sudah memberikan penampilan terbaiknya masing-masing. Tetapi akhirnya Jirayut yang harus tersenggol dari panggung Dangdut Academy Asia 4 (DAA4) karena perolehan nilainya terendah dari semua peserta yang tampil malam itu.

Posisi puncak ditempati oleh Rara dengan raihan 1054 poin. Posisi kedua ditempati Zam dengan raihan markah 1049 poin. Posisi ketiga Nabila dengan 1001 poin. Jamila dan Jirayut hanya terpaut 1 poin saja, Jamila 996 dan Jirayut 995.

Dalam sebuah kompetisi memang ada yang menang dan ada yang kalah. Kali ini Jirayut harus tersisih dan pulang kampung. Sementara keempat pesaingnya akan lanjut ke fase selanjutnya: Top 8 DAA4. Jirayut tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Tak hanya dia yang bersedih, peserta DAA4, penonton dan komentator yang bertugas pun ikut bersedih.

1. Penampilan Zam Ryzam

Zam Ryzam yang membawakan tembang Gerimis Melanda Hati mendapat standing ovation dari ketujuh komentator yang bertugas malam itu: Inul Daratista, Soimah, Nassar Sungkar, Rosalina Musa, Masidayu, Miennan Yunos dan Deprico Audy. "Aksi Zam malam ini bagus, natural dan tak berlebih. Semoga bisa konsisten dan bisa lebih baik lagi," kata Soimah di Konser Result yang berlangsung di studio 5 Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/12/2018).

Pujian senada datang dari Inul Daratista. "Penampilan Zam bagus banget. Dia membawakan lagu Gerimis Melanda Hati dengan baik sekali. Penjiwaannya dapat banget untuk lagu ini," ujarnya.

2. Jirayut Dapat Tiga Standing Ovation

Selanjutnya giliran Jirayut yang tampil membawakan tembang Secawan Madu. Penampilan kontestan asal Thailand seperti biasa mengundang senyum dan tawa. Tiga komentator memberikan standing ovation: Inul Daratista, Kak Rose dan Defrico Audy. Masukan datang dari Soimah. "Keseluruhan penampilan bagus, namun ekspresi harus disesuaikan dengan lirik lagu," sarannya.

Rosalina memuji penampilan Jirayut. "Tak muda peserta dari negara luar berada di Top 10. Harus siap segalanya, fisik, dan mental. Dia yang baru 16 tahun selalu tampil maksimal sesuai dengan kemampuannya," ujar Kak Rose.

3. Rara Tampil Dengan Nuansa RockDut

Giliran Rara tampil kemudian dengan lagu Resesi Dunia dalam nuansa rockdut. Persembahan Rara mendapat tujuh standing ovation dari komentator. "Penampilan Rara malam ini oke banget. Penampilan kamu lebih bagus dari tadi malam. Kontrol dan ekspresi bagus," ujar Nassar.

Menurut Miennan Yunos komentator dari Brunei Darussalam penampilan Rara luar biasa. "Genre rockdut yang dibawakan Rara cocok banget. Penampilan Rara menurut saya extraordinary malam ini," pujinya.

4. Penampilan Nabila

Peserta berikutnya yang tampil adalah Nabila yang membawakan tembang Cinta Bukan Kapal. Masidayu memuji penampilan Nabila. "Ekspresi oke, namun dinamikanya on dan off. Di bagian akhir seperti kehilangan energi," katanya.

Sementara Inul Daratista menyampaikan kritikan serupa. "Penampilan Nabila bagus, namun gregetnya masih kurang. Wow faktornya engga muncul malam ini," begitu komentar Inul.

5. Jamila Tampil Terakhir

Peserta terakhir yang tampil malam itu Jamila. Ia membawakan lagu Senyum dan Hatimu dengan syahdu. "Saya suka dengan penampilan kamu, namun ada beberapa artikukasi yang tidak pas," kata Rosalina Musa.

Saran berikutnya datang dari Soimah. "Kamu kurang jeli dalam berstrategi. Padahal kemampuan kamu bagus. Sayang sekali, jadi hasilnya kurang maksimal," begitu sarannya.

Konser result show group 2 Top 10 DAA4 pun berakhir. Jirayut harus pulang ke Thailand meninggalkan panggung DAA4.
Peserta yang lolos akan bertarung lagi di Top 8 DAA4 adalah Zam Ryzam (Malaysia), Rara (Indonesia), Jamila (Indonesia), dan Nabila (Indonesia).

 


REKOMENDASI
TRENDING