in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Konser Pertama Grup 1 Top 6 LIDA 2019: Puput Teratas, Alif dan Cut Bersaing Ketat

Rabu, 24 April 2019 15:00 Penulis: Louvina Gita

Grup 1 Top 6 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 6 besar. Enam peserta yang tersisa dibagi menjadi dua grup untuk berjuang mengharumkan nama provinsi yang diwakilinya. Semalam, peserta yang berada di grup 1 yang bersaing untuk melaju ke babak selanjutnya.

Peserta yang berada di grup 1 adalah Puput (Sulawesi Selatan), Alif (Kalimantan Timur) dan Cut (Aceh). Mereka berlomba memberikan suguhan yang menarik dalam konser pertama yang diselenggarakan Selasa malam (23/4). Hasilnya, ketiga peserta berhasil memborong seluruh lampu panel provinsi dan lampu biru dari juri.

1. Peserta Bawakan Lagu Sendu

Peserta yang mendapat kesempatan tampil pertama adalah Alif. Membawakan lagu sendu berjudul Perpisahan dengan penuh penghayatan, Alif meraih banyak pujian. Soimah yang terkenal pelit memberikan lampu biru kepada peserta mengaku terkesan dengan penampilan Alif tadi malam.

"Malam ini kamu sudah lebih natural, dinamika bagus, keras lembutnya sudah bagus, ekspresi dan penghayatan juga bagus. Cuma saya terganggu dengan pakaian kamu, untuk lagu sedih pakaiannya terlalu genit," puji Soimah.

Tak mau kalah saing, Cut yang juga tampil membawakan lagu sendu berjudul Cinta Bukanlah Kapal, berhasil membuat seluruh juri terpesona dengan penampilannya. Inul Daratista mengaku kagum melihat penampilan Cut. Ia merasa seakan menonton konser tunggal.

"Penampilan kamu bagus banget saya merasa seperti nonton konser. Malam hari ini kamu ada kemajuan. Improvisasi dan bahasa tubuh kamu bagus. kamu bisa membuat kami semua terpesona," puji Inul.

2. Soimah Puji Puput

Puput yang menjadi penampil terakhir, juga berhasil membuat seluruh juri terpesona lewat penampilannya dalam membawakan lagu berjudul Iming Iming yang pernah dipopulerkan Rita Sugiarto. Bahkan, Puput meraih lima standing ovation.

Soimah yang biasanya jengkel dengan ekspresi kaku Puput, pun ikut memuji performa Puput dan menjadi salah satu juri yang ikut memberi standing ovation.

"Malam hari ini kamu ada perubahan saya senang melihat penampilan kamu, saya puas dengan penampilan kamu. Body language kamu juga sudah mulai bernyawa, kamu sudah ada ekspresinya. Tatapan mata kamu sudah hidup, cengkok kamu luar biasa,” puji Soimah.

3. Tampil Bersama

Setelah tampil solo, ketiga peserta masih diuji untuk membawakan lagu dangdut berjudul Liku Liku secara bersamaan yang dinilai dewan juri. Hasilnya, lagi-lagi seluruh juri terpesona dan memberikan angka sempurna untuk ketiga peserta.

Usai itu, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil perolehan SMS dan vote dari pemirsa. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta.

4. Hasil Penilaian

Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Setelah ketiga komponen tersebut digabungkan, Cut berada di posisi puncak dengan total nilai 34,31 persen menyusul Cut di posisi kedua dengan total nilai 32,96 persen, unggul tipis dari Alif yang berada di posisi terendah dengan total nilai 32,73 persen.

Ketiga peserta masih memiliki satu kesempatan lagi dalam konser result sebelum akhirnya di antara mereka harus ada yang tersenggol. Lantas, siapakah yang akan tersenggol atau tereleminasi dari grup 1 top 6? Apakah Alif atau bisa jadi Puput dan Cut ? Semua kemungkinan masih bisa terjadi.

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING