PERSONAL
David Eric Grohl adalah musisi rock berkebangsaan Amerika yang juga berprofesi sebagai multi-instrumentalis, penyanyi, penulis lagu, serta vokalis, gitaris, dan penulis lagu utama untuk band Foo Fighters. David Grohl juga meruapakan mantan drummer Nirvana, Scream, dan beberapa band lainnya.

Dave Grohl telah tampil bersama 30 band sejak menjadi seorang musisi. Minat bermusik Grohl sudah tampak sejak usia sekolah. Grohl mulai belajar bermain gitar saat usia 12 tahun. Akhirnya dia membentuk band bersama teman-temannya.

KARIR
Karir band Grohl memang telah dimulai sejak kecil. Namun dia barus ecara resmi bergabung dalam band besar saat usia tujuh belas tahun. Saat itu dia mengikuti audisi untuk mengisi posisi drummer dalam band Scream yang ditinggalkan salah satu personilnya, Kent Stax. Demi meraih posisi tersebut, Grohl rela berbohong mengenai usianya. Ketika ditanya, remaja tersebut menjawab usianya sudah 20 tahun. Ternyata Grohl beruntung karena dia diterima dalam band tersebut. Akhirnya Grohl pun memulai karir melalui band ini dan sempat menelurkan beberapa album.

Sayangnya, Scream tiba-tiba bubar beberapa bulan kemudian. Grohl sempat putus asa, namun akhirnya dia mendapat keberuntungan karena diterima bergabung dengan Nirvana. Dalam band ini pun Grohl sempat melejit dengan beberapa single dan album yang sukses di pasaran. Dari tahun ke tahun, prestasi Grohl dalam band ini terus meningkat. Kontribusi Grohl pun juga semakin banyak, sampai akhirnya salah satu personil Nirvana, Kurt Cobain meninggal dunia. Sejak meninggalnya Cobain, Grohll memutuskan untuk keluar.

Sejak keluar dari Nirvana, Grohl merasa kehilangan arah. Dia tidak tahu harus kemana untuk menyalurkan minat bermusiknya. Namun Grohl tidak menyerah. Dia terus mencari tempat untuk bermain musik.Dia sempat tercatat bergabung dengan beberapa band ternama seperti Pearl Jam, sampai akhirnya dia memutuskan untuk bersolo karir. Namun ternyata keinginan bersolo karir tersebut tidak sempat terlaksana karena Grohl akhirnya merekrut beberapa orang untuk membentuk band baru. Band ini diberi nama Foo Fighters. Band ini juga menuai sukses dalam penjualan beberapa albumnya. Ketegangan sempat muncul dalam tubuh band ini. Namun band ini terus produktif dan bertahan hingga sekarang.

Baca Profil Lengkap Dave Grohl ▼



Show More ▼