PERSONAL
Donny Damara lahir pada tanggal 12 OKtober 1966 dengan nama lengkap Donny Damara Prasa Dhana. Ia menyelesaikan kuliahnya di FISIP UI pada tahun 1988.

Tahun 2012 merupakan tahun penuh prestasi sekaligus tahun yang [] bagi Donny. Berkat perannya sebagai transgender dalam film Lovely Man ia berhasil meraih penghargaan aktor terbaik Asaian Film Awards. Di saat yang sama, ia digugat cerai oleh sang istri Vita Maulvi Amanda setelah 16 tahun menikah. Dari pernikahannya dengan Vita, pasangan ini dikaruniai seorang anak, Sharottama Oshmar Damara.

KARIR
Karir Donny Damara di dunia hiburan dimulai sejak usia belia ketika membintangi iklan Blue Band. Ketika SMA, ia mulai menekuni dunia model baik menjadi foto model, runway model atau catwalk model. Semasa SMA ia juga banyak mengikuti pentas teater di Taman Ismail Marzuki. Tawaran film untuk Donny mulai berdatangan, namun karena kesulitan membagi waktu dengan jadwal sekolah, ia menolak tawaran tersebut. Baru ketika kuliah, Donny menerima tawaran untuk bermain film dan menjadi model.

Dibandingkan dengan rekan seangkatannya seperti Adjie Massaid dan Tio Pakusadewo, Donny tidak terlalu banyak mengambil peran di film layar lebar. Saat itu ia ingin memiliki waktu yang seimbang untuk kuliah dan pergaulannya. Tahun 1988-1989 ia hanya membintangi masing-masing 1 film, yaitu CINTA ANAK JAMAN dan KETIKA CINTA TELAH BERLALU, lalu di tahun 1990 ia bermain dalam empat judul film BOSS CARMAD, DUA KEKASIH, JOE TURUN KE DESA, dan PAGAR AYU. Tahun berikutnya Donny main di satu judul film  PERWIRA DAN KESATRIA lalu setelah itu dunia film Indonesia mulai terpuruk perlahan-lahan.

Ketika film Indonesia mulai jarang diproduksi, wajah b mulai wira-wiri di layar kaca dalam iklan dan sinetron. Beberapa sinetron yang melambungkan namanya antara lain BIDADARI YANG TERLUKA, SEBERKAS KASIH MAMA dan KISAH KASIH DI SEKOLAH.

17 tahun kemudian, tren sinetron mulai berubah dan Donny kembali ke dunia film. Ia membintangi film KEKASIH THE LOVERS pada tahun 2008 dilanjutkan dengan film LIBURAN SERU!. Tahun 2010 ia juga bermain dalam film garapan Lola Amaria berjudul MINGGU PAGI DI VICTORIA PARK yang meraih sukses di Asia.

Tahun 2011, Donny mendapat peran menantang dengan berperan sebagai transgender dalam film drama LOVELY MAN. Dalam film ini ia mendapat penghargaan sebagai aktor pria terbaik dalam ASIAN FILM AWARDS menyisihkan Andy Lau dalam filmnya SIMPLE LIFE.

FILMOGRAFI
CINTA ANAK JAMAN (1988)
KETIKA CINTA TELAH BERLALU (1989)
BOSS CARMAD (1990)
DUA KEKASIH (1990)
JOE TURUN KE DESA (1990)
PAGAR AYU (1990)
PERWIRA DAN KSATRIA (1991)
KEKASIH THE LOVERS (2008)
LIBURAN SERU! (2008)
MINGGU PAGI DI VICTORIA PARK (2010)
LOVELY MAN (2011)
PINTU HARMONIKA

SINETRON
BUKAN PEREMPUAN BIASA
BIDADARI YANG TERLUKA
SEBERKAS KASIH MAMA
KISAH KASIH DISEKOLAH
PINTU HIDAYAH
KUMPUL BOCAH
HINGGA AKHIR WAKTU
MENJEMPUT IMPIAN
DEWI
CINTA DAN ANUGERAH
POLICE 86
PEREMPUAN PILIHAN (AKAN TAYANG APRIL 2013)

Baca Profil Lengkap Donny Damara ▼



Show More ▼