PERSONAL
Efek Rumah Kaca atau lebih sering disebut dengan ERK adalah nama sebuah band yang berasal dari Jakarta. Nama band yang erat dengan masalah lingkungan bukan berarti band yang digawangi oleh Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal latar, bass), dan Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) ini bakal selalu menyuarakan isu-isu lingkungan dalam lagu-lagunya.

Terbentuk pada 2001, band ini sempat mengalami bongkar pasang personil, serta berganti nama hingga tiga kali akhirnya mereka mantap dengan format band bertiga dan menggunakan nama band Efek Rumah Kaca pada 2005.

KARIR
Efek Rumah Kaca pertama kali muncul dalam album kompilasi bertajuk SCIENCE IN MUSIC pada 2008. Debut album perdana ERK adalah EFEK RUMAH KACA pada 2005 dan dilanjutkan dengan album kedua bertajuk KAMAR GELAP pada 2008.

Meski band yang disebutkan beraliran post-rock maupunshoegaze namun ERK sendiri lebih memilih musik mereka pop ini masih band baru di belantika musik Indonesia. Namun, prestasi ERK sendiri patut diacungi jempol. Antara lain adalah Nominator AMI Award 2008, Rookie of The Year 2008 oleh Majalah Rolling Stone, dan peraih penghargaan MTV Music Award 2008 dalam kategori The Best Cutting Edge.

Baru-baru ini, di awal bulan Maret 2009 ERK masuk dalam jajaran musisi ClasMusic Heroes oleh salah satu produk rokok. Nama ERK disejajarkan dengan nama-nama besar lainnya, seperti Iwan Fals, Slank, Peterpan dan nama-nama besar lainnya.

Baca Profil Lengkap Efek Rumah Kaca ▼



Show More ▼