Ermy Kullit adalah seorang penyanyi beraliran jazz, yang melejit lewat lagu Kasih ciptaan Richard Kyoto dan Pasrah ciptaan Ryan Kyoto. Sejak berkarier mulai 1973, perempuan yang memiliki nama lengkap Ermy Maryam Nurjannah Kullit ini tercatat telah menelurkan lebih dari 20 album.

Ermy yang lahir di Manado, 13 Mei 1955 itu, hijrah ke Jakarta pada 1973, di mana bersama Melky Goeslow (ayah Melly Goeslow) dirinya menjadi pernyanyi di hotel Marcopolo. Di sini dirinya banyak berkenalan dengan sejumlah musisi, hingga mengantarkannya merilis album pertamanya dalam piringan hitam, Cinta (1974).

Bintang yang pernah menyanyi di Jaya Pub, hotel milik pasangan Rima Melati dan Franz Tumbuan itu kemudian dipertemukan dengan penyanyi jazz Ireng Maulana yang banyak membimbingnya dalam bermusik. Bersama Ireng berhasil merilis Cintaku Abadi (1984) dan Walau Dalam Mimpi (1985).

Pada 1990-an, Ermy kemudian menghadirkan album Siapa Sangka bersama Fariz RM, Billy JB, Chandra Darusman, dan Purwatjaraka. Album kolaborasinya bersama Indra Lesmana sukses merilis lagu Saat Yang Terindah, yang kemudian berhasil meraih Album Terbaik AMI Sharp Awards 2000.

Album terakhir Ermy dirilis Agustus 2007 bertajuk Di Hatiku. Album yang dibantu Yopie Item itu berisi 10 lagu, lima di antaranya lagu-lagu baru dan lainnya lagu lama.

Baca Profil Lengkap Ermy Kullit ▼



Show More ▼