INTERNASIONAL

[Review] 'CHINESE ZODIAC', Perburuan Artefak Cina Kuno

Senin, 14 Januari 2013 20:15  | 

Jackie Chan


[Review] 'CHINESE ZODIAC', Perburuan Artefak Cina Kuno
Emperor Dragon Movie




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Satu persatu patung perunggu berbentuk kepala hewan yang mewakili 12 zodiak Cina muncul setelah lama dianggap hilang. Sayangnya, artefak tersebut hadir dalam acara pelelangan yang siap mendapat tawaran jutaan dolar.

Pengusaha kaya sekaligus kolektor barang antik, Lawrence Morgan (Oliver Platt) tertarik memiliki sisa patung perunggu yang belum ditemukan. Kemudian ditugaskanlah JC (Jackie Chan), pemburu barang kuno yang tak perlu diragukan cara kerjanya. Bersama timnya, JC pun melakukan berbagai cara mendapatkan artefak Cina kuno tersebut.

CHINESE ZODIAC adalah film ke-101 aktor laga legendaris Jackie Chan. Uniknya ayah dari Jaycee Chan ini sampai mendapat piagam dari Guinness World Records karena bekerja di banyak lini lewat filmnya kali ini.

Selain bertindak sebagai aktor, sutradara, penulis skenario, produser, sinematografer, penata musik, departemen artistik, manajemen produksi dan koreografer aksi, Chan juga menjabat sebagai koordinator katering. 

Lalu bagaimana dengan filmnya? Well, tampilan CHINESE ZODIAC sebenarnya standar film aksi Jackie Chan yang penuh adegan aksi slapstick pemecah tawa. Meski usianya sudah terbilang senja, Chan tetap tak kehilangan pesona. Sayangnya pesona tersebut tak lantas membuat hal-hal minor dalam film ini bisa diterima begitu saja.

Bagi yang mengaku fans berat pria kelahiran 7 April 1954 ini, CHINESE ZODIAC akan mengobati rindumu. Jika tidak, film ini tidaklah buruk, namun akan mudah dilupakan begitu saja.

Trivia:

1. Aktor Wang Lee Hom mengisi soundtrack bertajuk 12 Zodiac.

2. Rekor yang diterima Jackie Chan memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Robert Rodriguez, sutradara seri SPY KIDS.

3. Kenny G tampil sebagai pilot.

4. Jackie Chan mengakui bahwa DRAGONBALL karya Akira Toriyama banyak menginspirasinya dalam menulis naskah.

(kpl/abs)