PERSONAL
Gareth Huw Evans atau hanya Gareth Evans adalah sutradara film dari Wales yang aktif di perfilman Indonesia. Dia dikenal karena menemukan dan melambungkan nama Iko Uwais dalam film-filmnya yang menjadi terkenal secara global, seperti MERANTAU (2009) dan SERBUAN MAUT (2011).

Gareth adalah alumnus jurusan film di Universitas Cardiff dan penulisan skenario di Universitas Glamorgan. Istri Gareth adalah seorang berdarah Jepang-Indonesia yang berdomisili di Jakarta.

KARIR
Pada tahun 2003 menyutradarai sebuah film pendek SAMURAI MONOGATARI yang menceritakan tentang kisah seorang samurai yang menunggu untuk dieksekusi. Cerita tersebut menggunakan bahasa jepang dan ditampilkan oleh murid-murid dari Tokyo yang sedang belajar di Cardiff University pada saat itu.

Pada tahun 2003, dia juga berhasil lulus dengan gelar MA pada jurusan Scripwriting untuk film dan televisi pada University of Glamorgan . Pada tahun 2006 produksi pertamanya FOOTSTEPS di pertunjukkan di festival film Swansea Bay dan mendapatkan penghargaan sebagai best film.

Dia juga menyutradarai film dokumenter untuk Christine Hakim, seorang aktris Indonesia, dengan judul MYSTIC ARTS OF INDONESIA: PENCAK SILAT. Film documenter ini adalah salah satu dari lima episode yang memunculkan budaya warisan Indonesia dan dirilis pada tahun 2008.

FILMOGRAFI
MERANTAU (2009)
SERBUAN MAUT (2011)




Komentar