Gorillaz adalah virtual band hasil ciptaan Damon Albarn dan Jamie Hewlett. Damon yang juga personel grup Blur bekerja sama dengan Jamie Hewlett yang seorang komikus untuk menciptakan 4 tokoh 2D, Noodle, Murdoc Niccals, dan Russel Hobbs sebagai personel Gorillaz.

Musiknya sendiri digarap oleh banyak musisi yang berkolaborasi dengan Damon sebagai anggota tetap. 2 personel awal yang berkolaborasi dengan Damon dalam merilis album pertama GORILLAZ adalah Del tha Funkee Homosapien dan Dan the Automator.

Tomorrow Comes Today EP yang dilepas tahun 2000 sebelum mereka merilis album pertama mereka mendapat sambutan baik dari kalangan musik underground Inggris. Dan publikasi dari mulut ke mulut pun menjadi tonggak suksesnya grup band virtual ini.

Sebagai sebuah band virtual, tiap karakter personel band pun dirancang memiliki latar belakang kehidupan layaknya manusia. Bahkan ada sejarah dibentuknya band ini pula.

Bahkan Gorillaz juga menggelar live show di panggung yang menggunakan bantuan screen untuk menampilkan para tokoh animasi ini bersama para musisi pendukungnya. Malahan pada serangkaian concert tahun 2005-2006 mereka menggunakan proyeksi 3 dimensi yang membuat para tokoh virtual ini seolah-olah hadir di panggung juga.

Gorillaz
telah merilis 5 album termasuk album terakhir mereka D-SIDES yang dilepas 2007 kemarin.

Baca Profil Lengkap Gorillaz ▼



Show More ▼