Homogenic adalah band band electropop yang dibentuk di Bandung pada tahun 2002. Sejak awal pembentukannya, band trio ini sempat mengalami perubahan formasi sebelum akhirnya dipopulerkan oleh personilnya sekarang, yaitu Deena Dellyana (Synths/Programming), Grahadea Kusuf (Synths/Programming) dan Amandia Syachridar(Vocals). Amandia akhirnya bergabung dengan Homogenic untuk menggantikan posisi Risa.

Terbentuknya band ini berawal dari pertemanan personilnya, yaitu Risa Saraswati dan Deena Dellyana yang kebetulan belajar di sekolah yang sama, Keduanya sama-sama memiliki minat di bidang musik, sehingga ketika keduanya beranjak dewasa, mereka mencoba mengaspirasikan diri mereka ke dalam musik yang sesungguhnya sehingga terbentuklah Homogenic.

Awalnya, Homogenic hanya menerapkan pendekatan minimasis dalam lagu-lagu karya mereka. Hanya berbekal keyboard, mereka pun berusaha eksis dan pada akhirnya mampu menghasilkan berbagai karya. Posisi vokal diambil alih oleh Risa, sedangkan Deena lebih fokus pada aransemen musik. Namun para personilnya saat itu mengaku belum berani dan belum siap untuk tampil dalam show.

Akhirnya band inipun berhasil merilis album perdana mereka bertajuk EPIC SYMPHONY pada tahun 2002. Sejak itu, kepercayaan diri mulai timbul dan musik ereka pun mulai berkembang pesat baik dalam hal kualitas dan variasi. Mereka pun mulai berkomitmen untuk mengembangkan musik mereka.

Setelah masing-masing lulus sekolah, mereka masih melanjutkan pertemenan mereka. Mereka tetap berusaha eksis di dunia musik. Mereka pun bertemu dengan rekan mereka yang bernama Juang. Juang berhasil membuat mereka lebih berpikir serius tentang muesik yang mereka usung. Para personil Homogenic pun secara berangsur memperbaiki attitude mereka agar musik mereka dapat lebih diterima. Akhirnya, lahirlah karya-karya lain yang nyatanya mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Sayangnya kebersamaan mereka dengan Juang tidak bertahan lama, karena dengan berat hati Juang memutuskan untuk meninggalkan Homogenic. Walaupun dengan pengatahuan musik yang pas-pasan, para personil yang ada tetap berusaha menegakkan band mereka agar tetap eksis. Akhirnya Grahadea yang saat itu masih berposisi sebagai pemain cadangan ditarik untuk menjadi personil tetap karena dianggap memiliki kemampuan yang mumpuni.

Akhirnya, Homogenic pun kembali eksis dan berhasil menghailkan karya-karya baru yang segar. Sayangnya berita mengejutkan kembali santer ketika Risa memutuskan untuk keluar karena ada perbedaan tujuan masa depan antara Homogenic dan Risa. Akhirnya posisi Risa digantikan oleh Amandia. Hingga saat ini, sejumlah album telah dihasilkan oleh grup musik ini.

DISKOGRAFI
2004 EPIC SYMPHONY
2005 JAKARTA MOVEMENT '05
2006 ECHOES OF THE UNIVERSE
2010 ALBUM HOPE AND CHANGE




Komentar