Idris Sardi adalah seorang musisi senior dan dikenal sebagai maestro dalam memainkan biola. Lahir di Jakarta, 7 Juni 1938, Idris pertama kali mengenal biola pada usia enam tahun. Namun pada usia sepuluh tahun, dirinya mendapat sambutan hangat pada kemunculan pertamanya di konser Akademi Musik Indonesia (AMI) di Gedung Negara, Yogyakarta pada 1949.

Ketika ayahnya, M. Sardi meninggal dunia pada 1953, Idris menggantikan kedudukan beliau sebagai violis pertama merangkap pimpinan Orkes RRI Jakarta, dalam usia 14 tahun. Kesempatan itulah yang kemudian mengantarkan kemampuannya dikenal dunia sebaga maestro biola.

Idris sendiri dalam perjalanan hidupnya pernah menikah dengan model dan bintang film Marini, meski kemudian berakhir dengan perceraian. Ia kemudian menikah dengan perempuan bernama Ratih Putri.

Ayah dari aktris film Santi Sardi dan aktor Lukman Sardi itu dalam sejarah prestasinya tercatat pernah mendapat penghargaan atas debutnya sebagai komponis dan ilustrator film. Termasuk penobatannya beberapa kalai sebagai pemenang piala citra untuk Penata Musik Terbaik dalam Festival Film Indonesia. Masing-masing film Pengantin Remaja (1971), Perkawinan (1973), Cinta Pertama (1974) dan Doea Tanda Mata (1985).


Penghargaan
PENGANTIN REMAJA (1971)
PERKAWINAN (1973)
CINTA PERTAMA (1974)
DOEA TANDA MATA (1985)

Baca Profil Lengkap Idris Sardi ▼



Show More ▼